INFP, My Personality



 Hello everybody... sore ini si blogger murtad (baca:gue) mau ngepost tentang INFP.. yeah, do you know INFP? ini lho, tentang kepribadiannya.. tipe personality gw itu INFP... klo lu juga INFP berbahagialah kalian karena sama kayak gue.. hahahaha... #devilLaugh

Ok, sekarang pertanyaannya? apa itu INFP? Jadi gini,  Carl Gustav Jung menjabarkan tentang kepribadian manusia yang introvert dan extravert, kemudian Katharine Cook Briggs dan anak perempuannya yang bernama Isabel Briggs Myers mengembangkan teori Jung ini dan dinamakan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Tes ini tidak mengukur intelegensi, motivasi, kedewasaan, atau kesehatan mental seseorang. Akan tetapi, membagi manusia menjadi 16 tipe kepribadian yang berbeda, sesuai dengan 4 dimensi yang telah ditentukan. MBTI terdiri dari:
  1. Terbuka (Extraverted) atau Tertutup (Introverted)
  2. Pengindera (Sensing) atau Intuitif (Intuition)
  3. Pemikir (Thinking) atau Perasa(Feeling)
  4. Penilai (Judging) atau Pengamat (Perceiving)
Nah, INFP adalah salah satu dari kombinasi keempat dimensi tersebut.. Tes ini diakui oleh psikolog2 dunia... INFP itu terdiri dari dimensi Introverted, Intuition, Feeling, Perceiving. INFP ini merupakan kepribadian yang memiliki populasi super sedikit di dunia yaitu kurang lebih sebesar 2% (wow).. jadi gw termasuk manusia dg kepribadian langka.. hahahhaa... (serasa jadi komodo)...  Sebelum lanjut ke penjelasan ttg INFP, gw akan kasih contoh beberapa orang/ karakter yang juga memiliki kepribadian INFP...

Yohanes, Murid Yesus

Maria Ibu Yesus
Luna Lovegood (Harry Potter Film)
Julia Roberts
William Shakespeare























Masih buanyak tokoh dunia yang merupakan orang dengan kepribadian INFP... Ni, gw kutip dr mypersonality.info ttg siapa aja orang2 INFP (gw juga tesnya di web ini, berkali2 gw tes n dinyatakan INFP terus... jadi ya emg gw INFP sejati... :))
Real INFP People 


Fictional INFPs (Characters) 

Ok, sekarang kembali ke pokok permasalahan, apa itu INFP? seperti apa sih kepribadian INFP itu? 

Seorang INFP adalah seorang pemimpi, imajinatif, idealis (harfiah), mampu menemukan kebaikan dalam apapun atau siapapun bahkan dalam suatu hal yang buruk. Seorang INFP dapat berdampak buruk jika ia menganut paham yang buruk, dan dapat berdampak baik jika ia menganut paham yang baik.


Seorang INFP akan cenderung memandang dunia dari sudut pandang internalnya dimana ia akan memperlakukan sesuatu berdasarkan perasaannya terhadap obyek tersebut atau bagaimana obyek tersebut sesuai dengan sistem nilai yang dianutnya. Kecenderungan berikutnya adalah ia mengandalkan intuisi.


Seorang INFP memiliki kelebihan dari kategori pribadi intuitif lainnya karena mereka ingin menjadikan dunia lebih baik. Tujuan utama mereka adalah menemukan untuk apa mereka tercipta, bagimana mereka bisa melayani kemanusiaan dengan cara terbaik. Mereka idealis dan perfeksionis, maka mereka akan mengerahkan segenap kemampuan mereka untuk mencapai target yang telah mereka tentukan untuk diri mereka sendiri.


Seorang INFP adalah seorang yang sangat intuitif, mereka sangat bergantung pada perasaan dalam mengarahkan diri mereka untuk terus menemukan nilai-nilai dalam hidup. Mereka terus berada dalam misi tak berakhir dalam pencarian kebenaran sejati dan maksud yang tersembunyi. Setiap penghadang dan pengetahuan yang dialami INFP diayak dalam kepala mereka untuk diolah menjadi arahan baru bagi hidup mereka yang lebih baik. Hasil yang mereka kejar selalu sama: membantu orang lain dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik.
Secara umum mereka adalah orang yang suka berpikir dan membuat pertimbangan, mereka adalah pendengar yang baik dan ingin memudahkan orang lain. Walaupun terlihat sangat menutupi ekspresi emosinya, mereka memiliki kepedulian yang dalam dan tertarik untuk memahami orang lain. Kelebihan ini dapat dirasakan oleh orang lain yang kemudian menjadikan orang INFP teman baik dan orang kepercayaan. Seorang INFP dapat menjadi sangat hangat untuk orang-orang yang dikenalinya dengan baik.


Seorang INFP tidak menyukai konflik dan sangat berusaha menghindari konflik. Jika mereka terpaksa menghadapinya, mereka akan berusaha menyelesaikannya dengan perasaan mereka. Dalam situasi konflik, seorang INFP tidak terlalu memandang siapa yang benar dan siapa yang salah melainkan fokus pada perasaan kedua belah pihak yang berkonflik. Mereka hanya tidak ingin ada perasaan bersalah. Hal inilah penyebab mereka tampil tidak rasional dan tidak logis dalam berkonflik. Di sisi lain, seorang INFP adalah mediator yang sangat baik. Mereka biasanya mampu mendamaikan dua pihak yang bertikai karena mereka mampu melihat dari sudut pandang kedua belah pihak dan memiliki keinginan dari dalam pribadinya untuk menolong.


Seorang INFP adalah tipe fleksibel dan berpangku tangan hingga nilai yang mereka anut terancam. Ketika nilai yang dianut sedang terancam, seorang INFP dapat menjadi agresif, siap bertarung mati-matian untuk melindungi nilainya. Ketika seorang INFP mengambil suatu pekerjaan yang mereka sukai, itu akan menjadi sebuah nilai bagi mereka. Walaupun mereka bukan orang yang memperhatikan detail, mereka akan mengerjakan setiap detail dengan seksama ketika mereka mengerjakan pekerjaan yang mereka suka.


Ketika berurusan dengan detail-detail keberlangsungan hidup, seorang INFP kurang memberikan perhatian yang cukup. Mereka mungkin tidak akan melihat sobekan di karpet yang setiap hari mereka lewati, namun akan membersihkan secuil debu yang menempel di buku aktivitas mereka.


Seorang INFP tidak suka berhubungan dengan banyak data dan fakta. Mereka fokus pada perasaan dan kondisi manusia sehingga mereka kesulitan mengambil keputusan yang tidak berhubungan dengan manusia. Mereka tidak mempercayai validitas penilaian non-manusia yang mengakibatkan mereka tidak pandai menggunakannya. Beberapa INFP merasa tidak perlu memahami analisis impersonal, sementara beberapa INFP lainnya yang telah menempuh kehidupan baru cenderung  mengajak tim-nya untuk saling percaya. Dalam kemarahan, seorang INFP sering salah menggunakan data dan fakta karena sangat terpengaruh dengan perasaannya sendiri.


Seorang INFP memiliki standar perfeksionis yang tinggi. Biasanya mereka keras pada diri mereka sendiri dan jarang menghadiahi diri. Biasanya INFP tidak cocok bekerja sama dalam tim karena akan memiliki standar yang lebih tinggi dari yang lain.


Seorang INFP biasanya berpikif dengan mandiri. Dalam suatu kondisi sistem grup, seorang INFP akan bertindak memimpin. Seorang INFP harus menyesuaikan pekerjaan mereka dengan mencukupi kebutuhan hidupnya. Jika mereka masih belum menyelesaikan suata permasalahan, mereka tidak akan merasa tenang dan mungkin terlihat terlalu bingung dalam menghadapi orang.


Seorang INFP umumnya berbakat menulis. Mereka mungkin menjadi kikuk dan tidak nyaman ketika berekspresi dengan kata-katan lisan namun memiliki kemampuan luar biasa dalam mengartikan dan menyampaikan perasaannya di atas kertas. INFP biasanya muncul dalam kegiatan pelayanan sosial


Seorang INFP dengan kemampuan sisi-sisi yang baik tersebut mampu menyelesaikan suatu pekerjaan yang berat dan inspiratif yang kemudian mereka tidak akan menghadiahi diri jika telah selesai. Beberapa motivator di dunia adalah seorang INFP.
Ok, jadi ringkasan secara super ringkas kayak gini: Untuk seorang INFP, keselarasan dalam hidup adalah suatu keutamaan. Mereka adalah orang yang sangat imajinatif dan sering memusatkan sebagian besar energinya pada visi dan mimpi mereka. Karena mengutamakan keselarasan, seorang INFP menjadi fleksibel, toleran pada perubahan, dan mudah untuk menyesuaikan diri. Dalam bekerja mereka menetapkan standar yang tinggi bagi diri mereka dan cenderung perfeksionis. Mereka juga suka mempelajari dan tertarik pada konsep-konsep atau ide-ide abstrak, dan bila sudah yakin terhadap suatu ide akan sangat percaya. Biasanya terlihat pendiam dan perenung karena memang seorang INFP sering introspektif. Populasi orang tipe INFP sangat jarang, diperkirakan hanya ada sekitar 2% populasi orang di dunia yang termasuk dalam tipe kepribadian ini.
Ada beberapa kelemahan dari seorang INFP. Mereka sering menuruti pendapat orang lain walaupun mereka mempunyai pendapat yang berbeda, ini terjadi karena mereka tidak menyukai argumentasi dan mengutamakan keselarasan. Suka ragu dalam mengkritik orang lain dan lama sekali untuk berkata “tidak.” Sering mengambil tanggung jawab yang melebihi kapasitasnya dan tidak menyukai pekerjaan yang rutin.


Ok, setelah panjang lebar bicara tentang kepribadian INFP, ada rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian INFP... Check it out..

INFP Career Matches

INFPs are often happy with the following jobs which tend to match well with the Dreamer/Visionary personality. 




  • Activist



  • Architect



  • Artist



  • Actor



  • Counselor



  • Church Worker



  • Employee Development Specialist



  • Educational Consultant



  • Editor



  • Filmmaker



  • Fashion Designer



  • Graphic/Web Designer



  • Holistic Health Practitioner



  • Human Resources



  • Journalist



  • Librarian



  • Legal Mediator



  • Massage Therapist



  • Missionary



  • Musician



  • Minister



  • Psychologist/Counselor



  • Photographer



  • Physical Therapist



  • Researcher



  • Social Scientist



  • Speech Pathologist



  • Social Worker



  • Translator/Interpreter



  • Teacher/Professor



  • Video Editor



  • Writer


So, hidup INFP!! hahaha.. gw emg ngrasa ini bener2 cocok ama kepribadian gw... setelah gw renungkan sekian lama n liat gmna cara gw face problem, interaksi, dan lain-lain... wlopun cumen 2% orang di dunia ini yang mempunyai kepribadian INFP, but I'm happy.... :))

Komentar

amyzet mengatakan…
Hehe sama kita gan, INFP... Semoga kita tetap berpopulasi dg baik agar nggak cuma 2 persenan doang di dunia :D
Anonim mengatakan…
I am INFP too. :)
Laki-laki yang sering dinilai misterius. Males kalo lama-lama di pesta/gathering. Teman yang baik dan menyenangkan, tapi kadang dinilai tidak tegas dan lamban krn punya motto "kalo bisa nyantai ngapain terlalu serius dan terburu-buru" :D
Anonim mengatakan…
ahhaha kita samaan nih :D
aku sering dibilang manusia aneh sama orang" di sekitarku, entah kenapa -,-
Unknown mengatakan…
Ternyata saya gak sendirian... Terakhir yang mereka bilang "kamu adalah orang yang unik". Entah itu dalam artian negatif atau positif.
Rizki Amalia mengatakan…
Saya juga INFP, ternyata cuma 2% toh, pantes sering dianggep aneh. Tapi gapapa kawan2, kita itu langka. Langka itu mahal. Hahaha
Arhanuddin mengatakan…
Haha kita sama teman aku juga infp
roodesign artwork mengatakan…
hidup INFP hahahahahaha
Rey Kanata mengatakan…
INFP juga :)

setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan
dengan mengetahui kepribadian diri sendiri, bisa jadi bahan koreksi ^_^ salam intropeksi
Unknown mengatakan…
Nice post.
Saya juga INFP
Anonim mengatakan…
salam INFP !
kepribadian yang ditakdirkan untuk membuat seseorang menjadi hopeless romantic :)
Anonim mengatakan…
Same gan INFP
pribadi diam diam menghanyutkan
Anonim mengatakan…
Hai salam kenal yh semuanya...
Senang bisa jadi bagian minoritas, pantes saya gg bs dsruh2 tp seneng nyuruh2, mngkin karena kita dijadikan untuk memimpin. Buat komunitas yuk mencari 2% yang lainnya.😁. Salam INFP
Anonim mengatakan…
Wkwwkkw INFP jugaa....
Dibilang aneh... Freak... Yah emang gitu sih...
Tapi setidaknya ada hal lain yg bisa dilihat dari sekedar aneh kan? He he...


Salam kenal kak
Si Jejes mengatakan…
Hai all, sori yah baru balas...:D... bener-bener... ayoo semua INFP mengguncang dunia...
Unknown mengatakan…
Di kampus Ane bisa berteman, tp Ane gk bisa utk Akrab. Ane lebih banyak menghabiskan waktu dirumah sedangkan teman2 ane lebih banyak menghabiskan waktu di cafe, mall, karaoke, dan rumah makan. Itu adl tempat2 yang plg ane sebelin. No friends.
Unknown mengatakan…
Saya jg INFP .. :D nice to meet u
SublimeSerenity mengatakan…
INFP here, nice to meet you (:
Unknown mengatakan…
OMG .. ternyata gue gak sendiri! wkwk love you INFP
Unknown mengatakan…
I'm an infp too . Will be great if we can make a real community of infp :) ~dari semarang
Anonim mengatakan…
me too :)) maybe people think i'm weird because i rather be alone, enjoy my loneliness =))
Unknown mengatakan…
Which city are u from? ^^
Anonim mengatakan…
Bahkan temenku pernah bilang "kecewa gue sama lo, jadi orang jangan terlalu baik"
Putri mengatakan…
Wihhh rame wkwk, gua juga infp nih:)
Unknown mengatakan…
Pantes byk org blg ke saya," jgn bodo jd org krn terlalu baik "
Aku jg br tau ternyata kepribadianku INFP, Love You INFP 💜💜💜
Putri Marulia mengatakan…
Akuuu jugaa. Berkali2 tes hasilnya INFP.
Samaa, sering dibilangin: "jadi orang jangan terlalu baik. Jd gampang dimanfaatin org kan?"
Trus
"Kamuu tu abstrak, susah ditebak"
.
.
Yoo, welcome to INFP world! Nice to meet you all :))
Various mengatakan…
Sama banget.. Paling males kalau pestanya lama dan banyak orang, mending tidur di rumah

Dan motto nya; It's the real me :D
Various mengatakan…
Aku masih sering ke karaoke, tapi mbak2 di karaoke nya malah godain; "Kok sendirian mulu, jomblo yaa?" xD
Unknown mengatakan…
Wah, senangnya ketemu para infp. Tp saya infp yg koplak.. kalo becanda suka kebablasan dan terbawa perasaan.. hahaa
Unknown mengatakan…
Wah, senangnya ketemu para infp. Tp saya infp yg koplak.. kalo becanda suka kebablasan dan terbawa perasaan.. hahaa
Unknown mengatakan…
Wah... banyak temen juga orang disini :'3
terhura...
an0maly mengatakan…
Hi. am actually feel loved that actually there's different kind of me, exist in another part of the world. ha ha
Since earlier in my youth, i always feel that am an outcast, a weirdo, and even di even deserve a place in this kind of world...
well then , guess what...thaz just because am the part of this tiny bits of unique people -- 2% is like...almost never existed...ha..ha..

Happy after testing myself out thru the MBTI. it gets me the idea of who i really am.and that i suppose not to feel down because am weird, instead feel blessed because hey, we're one of the most flexible people in the whole world :) , we could survive even when the world's upside down , lol

it's true that i believe that everyone is nice, kind, and good - even in the worst kind'a people, there must be tiny bits of goodness, i still believe so.

i make a lots of friends, because of the unlimited emphaty we have,INFP, but i never talk anything about what's really inside me, i barely could talk any of it. sometimes that i realize i dont share things as much as they share to us, makes me feel bad. that they may think that we dont trust them.that's not the case of course, it's just us INFP. but the introspective way of thinking in lost of occasion, kills me. too much sensitiveness, too much instrospections, as much as this is to become overwhelming

btw, how about love problem? because you're too perfectionist and you dont really give yourself a good gift - any of you think that you dont deserve someone's too great , while at the same time, you're being perfectionist - you like someone that's pretty much a perfect person, an astonishing personality / looks . in the end of the day, i always ended up being with myself, and saying that "am good with myself".

lemme know your thought

btw, am a guy. a mystery. a lunatic, that i think too much :)) . and a happy local .

another INFP blog :) http://ulyayuthika.blogspot.co.id/2015/08/infp.html
Rizma mengatakan…
Sy juga infp ternyata...pantes sering dibilang terlalu baik

Postingan Populer