Tipe-tipe kepribadian (cek tipemu!)


Hello everyone. hehehe ^^, oke sekarang gw mau berbagi tentang ilmu psikologi (cielah, padahal bukan org psikolog) yaitu tentang kepribadian.. Menurut Carl Jung nih, ada 16 tipe kepribadian yang merupakan kombinasi dari 4 tipe:
Click to view my Personality Profile page
Hasil Test Personality gw
Extravert vs Introvert
Sensing vs Intuitive
Thinking vs Feeling
Judging vs Perceiving


nah,buat tau tipe kepribadian lo dari antara 16 tipe kepribadian itu...sebenernya banyak banget test-test beredar di internet, cumen gw nyaranin lo ambil test seperti gw, masalahnya uda terjamin n uda diakui banyak orang, nggak sekedar asal test.. cumen syaratnya lo harus bisa bhsa inggris.. yeah,maklum psikolognya bule.. wkwkwkw... Nah, kelebihannya uda ada juga upgrade buat tau tentang pribadi lo lebih lengkapnya,mulai dari karir yang sesuai dengan kepribadian lo, orang terkenal yang kepribadiannya sama kayak lo bahkan buat masing-masing tipe uda ada group FB nya juga,, so lo bisa nemuin orang-orang yang setipe ama lo.. Nih, gw kasih linknya MYPERSONALITY ...

Btw,gw kasih penjelasan dikit tentang jenis-jenis kepribadian sebelum lo ambil test personality ini:
Extravert (E) 
Extravert adalah kecenderungan untuk berfokus pada dunia di luar diri. Orang extraverts menikmati interaksi sosial dan cenderung antusias, verbal, tegas, dan animasi. Mereka menikmati pertemuan sosial yang besar, seperti pesta dan segala macam aktivitas kelompok. Orang extraverts cenderung untuk menikmati waktu yang dihabiskan dengan orang-orang dan mendapat energi dari interaksi sosial. Ciri-ciri Orang Extravert

* Suka berteman
* Asertif
* Cerewet
* Sosial / keluar
* Suka berkelompok, pesta, dll
* Mendapat energi dari interaksi
* Ekspresif & antusias
* Sukarelawan informasi pribadi
* Perhatiannya mudah dialihkan
* Mempunyai banyak teman


Introvert (I) 

Introvert adalah kecenderungan untuk berfokus pada dunia di dalam diri. Orang introvert cenderung tenang, damai dan hati-hati dan tidak tertarik pada interaksi sosial. Mereka menyukai aktivitas yang bisa mereka lakukan sendiri atau dengan salah satu teman dekat yang lain, kegiatan seperti membaca, menulis, berpikir, dan menciptakan. Orang introvert merasa kegiatan pertemuan sosial melelahkan.
Ciri-ciri Orang Introvert

* Mendapat energi dari waktu menyendiri
* Menjaga privasi
* Tenang
* Bertindak dengan sengaja
* Sadar diri
* Lebih sedikit teman-teman
* Lebih menyukai kelompok kecil
* Independen
* Cenderung kurang bersosialisasi
* Suka kesendirian
* Berpikir sebelum berbicara


Sensing (S) 

Sensing adalah bagaimana orang memproses data. Orang Sensing berfokus pada masa kini, orang2x yang mementingkan situasi "di sini dan sekarang", faktual, dan memproses informasi melalui panca indra. Mereka melihat hal-hal sebagaimana adanya, mereka adalah pemikir konkret.
Ciri-ciri Orang Sensing

* Konkret
* Realistis
* Hidup di masa kini
* Sadar sekelilingnya
* Memperhatikan detil
* Praktis
* Mengutamakan indra
* Faktual


Intuisi (N) 

Intuisi adalah bagaimana orang memproses data. Orang intuitif berfokus pada masa depan dan kemungkinan-kemungkinan. Mereka memproses informasi melalui pola dan tayangan. Mereka membaca yang tersirat, mereka adalah pemikir abstrak.
Ciri-ciri Orang Intuitif

* Berfokus pada masa depan
* Melihat kemungkinan2x
* Inovatif
* Imajinatif
* Berpikir dalam
* Abstrak
* Idealis
* Rumit
* Teoritis


Thinking (T) 

Thinking adalah bagaimana orang membuat keputusan. Orang Thinking berpikir obyektif dan membuat keputusan berdasarkan fakta. Mereka dipimpin oleh otak, bukan hati mereka. Orang Thinking menilai situasi dan orang lain berdasarkan logika.
Ciri-ciri Orang Thinking

* Logis
* Obyektif
* Memutuskan dengan kepala
* Menginginkan kebenaran
* Rasional
* Tidak personal
* Kritis
* Tebal muka
* Tegas terhadap orang lain
* Didorong oleh pikiran


Feeling (F) 

Feeling adalah bagaimana orang membuat keputusan. Orang Feeling berpikir subyektif dan membuat keputusan berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai. Mereka diperintah oleh hati/perasaan, bukan kepala/otak mereka. Orang Feeling menilai situasi dan orang lain berdasarkan pada perasaan dan keadaan khusus.
Ciri-ciri Orang Feeling

* Memutuskan dengan hati
* Tidak suka konflik
* Berbelas kasihan
* Didorong oleh emosi
* Lembut
* Mudah terluka
* Memiliki empati
* Peduli orang lain
* Hangat


Judging (J) 

Judging adalah kecenderungan penampilan luar. Judging tidak berarti "menghakimi". Orang Judging menyukai keteraturan, organisasi dan berpikir secara berurutan. Mereka lebih suka hal-hal terencana dan mantap. Orang Judging mencari kesimpulan.

Ciri-ciri Orang Judging

* Bisa memutuskan
* Terkendali
* Bagus dalam menyelesaikan sesuatu
* Teratur
* Terstruktur
* Terjadwal
* Cepat dalam menangani tugas
* Bertanggung jawab
* Menyukai kesimpulan
* Membuat rencana


Perceiving (P) 

Perceiving adalah kecenderungan penampilan luar. Orang Perceiving bersifat fleksibel, menyukai adanya banyak pilihan dan berpikir secara acak. Mereka suka bertindak secara spontan dan mudah beradaptasi. Orang Perceiving suka hal-hal yang berakhir dengan pilihan bebas.
 

Ciri-ciri Orang Perceiving

* Bisa beradaptasi
* Rileks
* Terorganisir
* Bebas
* Spontan
* Suka berubah di tengah jalan
* Menyukai pilihan bebas
* Suka menunda-nunda
* Tidak suka rutinitas
* Fleksibel

Komentar

Postingan Populer