Entrepreneur? why not?

Hello guys,, kali ini gw pengen ngebagiin sesuatu yang ada dalam otak gw.. liat aja deh judulnya, pasti lo semua uda pada tau gw mau ngomong apaan.. Yap, tentang entrepreneur atau bahasa gaulnya itu wirausaha.. ^^..
Ok? pertama-tama, gw minta lo semua tanya ke diri lo sendiri? lo mau nggak jadi entrepreneur?

sekarang, gw tunjukin data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia tentang wirausaha. 
Saat ini proporsi wirausaha Indonesia diperkirakan baru sekitar 0,24% dari total populasi. Padahal untuk membangun ekonomi bangsa yang maju, menurut sosiolog David Mc Cleiland, dibutuhkan minimal 2% atau 4,8 juta wirausaha dari seluruh populasi penduduk Indonesia.

Sebagai perbandingan, Singapura memiliki wirausaha 7,2%,Ma-laysia 2,l%,Thailand 4,1%,Korea Selatan 4.0%.dan Amerika Serikat 11,5% dari seluruh populasi penduduknya. Dia memperkirakan, perlu waktu hingga 2030 bagi Indonesia untuk memiliki jumlah wirausaha sebanyak 4,8 juta orang atau sekitar2%dari total jumlah penduduk saat ini.

Nah guys, jumlah wirausaha di Indonesia masih teramat sangat minim lho. Ok, mungkin ada beberapa dari lo yang belum tau apa itu wirausaha. Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Seorang wirausaha pasti memiliki jiwa kewirausahaan. 

nah, sangat disayangkan di Indonesia kekurangan jumlah pengusaha ini, so daripada lo diem aja berpangku tangan kenapa nggak lo coba untuk mencoba bisnis, yeah, nggak usah yang ribet-ribet.Yang penting jalan dulu, entah apapun itu bisnisnya. mungkin lo jualan ikan lele atau apa, eh guys, JANGAN MALU!!. Coba lo liat biografinya pengusaha sukses, pasti mereka mulai usaha kecil2an.. entah itu Bob Sadino, Sosroamidjojo, de el el.. nggak ada yang instan, adanya perjuangan keras. n liat sekarang buah yang mereka hasilkan.. Wow!! ^^

Guys, tapi herannya nih, kebanyakan di Indonesia, jumlah pengusaha itu nggak samapai mengenyam bangku kuliah, padahal nih kalau dipikir-pikir, bukannya semakin tinggi tingkat pendidikan, orang semakin pintar ya? 
Mau tau jawabnya?? ada 2 "Gengsi" n "Kepepet".. Orang yang udah masuk ke zona nyaman dan aman seringkali malas untuk bereksperimen di dunia luar. misalnya gini, lulusan perguruan tinggi, uda dapet gelar sarjana, pasti mikir "ah,ngapain capek2 jualan lele, teh, atau apapun itu. aku kan udah sarjana, mendingan cari kerja. aman." Jaim, gengsi, atau apapun itu nggak akan buat kita berhasil!. lo harus mau merendah dulu baru setelah itu lo ditinggikan. Emang banyak tantangannya, dan kita juga harus keluar dari zona aman dan nyaman, tapi cobalah berbuat sesuatu untuk bangsa ini! Resiko banyak, tapi bukankah kita juga mulai dari 0? jadi kalaupun gagal, nggak rugi juga lah.. terus coba! coba! coba!

Nah, alasan kedua ini "kepepet"... huaa.. bahasa jermannya terdesak. Makanya gw bilang kenapa banyak lulusan non-pt / S3 (SD-SMP-SMA) yang jadi pengusaha n sukses? ya ini dia jawabannya terdesak.. " The Power of Kepepet" atau "Bondo Nekat" ini jadi motto mereka. Karena kebutuhan hidup sedangkan cari kerja susah apalagi kalau tingkat pendidikannya rendah, akhirnya mereka milih jadi wiraswasta, n berhasil. wow! malahan labanya melebihi orang-orang yang mengecap bangku kuliah. (gw juga kuliah, tapi nggak bermaksud ngejelekin org kuliah lhooo, hehhe).. baru-baru ini gw ketemu ma orang cina yang SD aja nggak lulus tapi uda jadi eksportir minyak atsiri terbesar di Indonesia. Gila kannn?? omsetnya jauh melebihi manager2 perusahaan yang lulusan PT. hmmm


Nah, coba aja baca buku-buku biografi orang-orang tersebut n gimana cara mereka mulai bisnisnya. Mungkin ada dari lo yang tanya.. apa sih syarat2 jadi wirausaha? semua orang bisa jadi wirausaha... gw coba kasih mind map dibawah ini

Nah, disitu uda ada keterangan lengkapnya.. gimana guys? mau bangun Indonesia? 
yap, itu semua terserah lo .... ^^

Komentar

Postingan Populer