Tantangan Komunikasi Antara Cowok n Cewek


Sometimes, kita denger istilah "cowok itu dari Mars n cewek dari Venus" ... Helloo, padahal sebenernya sama2 di bumi kan? :) ..ato "Pria seperti Kerang, wanita seperti linggis"... gw nggak kebayang klo gw disamain ama linggis.. apa kata dunia? hahaha.. Oke, apa sih bayangan kita waktu kita denger istilah itu? apakah emg sangat berbeda kayak gitu?


Ketika cowok n cewek bersatu, mungkin dalam pacaran ato dalam rumah tangga, komunikasi sering banget jadi alasan berantem, cewek sering bilang "dia nggak ngerti aku" bla bla bla sedangkan cowok jadi bingung sendiri n bilang ke dirinya sendiri "apa sih maunya dia?".. yeah, kenapa bisa terjadi hal ini? Yeah,misscommunication... sebelumnya, kita harus nerima 2 fakta yang emang ada:
1. Cowok n cewek itu punya susunan saraf yang berbeda. Yeah,nggak ada yg salah sama kedua susunan saraf ini, cumen BEDA.
2.  Buat bekerja atau berinteraksi harmonis, cowok n cewek kudu punya kemampuan "dwibahasa", masing-masing harus fasih dalam bahasa lawan jenis.


cara berkomunikasi cowok n cewek itu beda, example: waktu kamar gw lagi renov, gw pernah nanya ke ortu gw dua-duanya dg pertanyaan yg sama "Kamarku sekarang jadinya gimana?".. bokap gw blg "kamarmu thu panjangnya sekian lebarnya sekian, ada 1 lemari, dll terus disusunnya kayak gini".. Yeah, bener2 terstruktur bahasanya.. tapi begitu gw tanya nyokap gw, dijawab seperti ini "ini dindingnya bagusnya warnanya ini,ini, ini. Karpetnya nanti ditaruh disini aja, bla bla bla". Yeah, sangat tidak tersturktur, awal2 ngomongin dinding langsung beralih ke karpet.. hahahhaha... Yeah, itu contoh simpelnya...

Sometimes kita uda tau perbedaan-perbedaan secara fisik antara cowok n cewek, tapi masih aja sering terjadi keributan diantara keduanya.. yeah, itu karena adanya perbedaan yg nggak cumen secara fisik, tapi secara psikologis juga.. Dengan kita tau perbedaan ini, kita bisa belajar yg namanya kemampuan "dwibahasa"... Kita bisa belajar cara berpikir lawan jenis, dsb... Okeh, gw akan mulai dengan perbedaan dasar yaitu perbedaan fungsi otak

Perbedaan Fungsi Otak Cowok n Cewek

Yeah, secara umum kita udah tahu kalau otak manusia terdiri dari 2 belahan yaitu otak kiri dan otak kanan... Belahan otak kiri mengendalikan keahlian bahasa dan membaca. Bagian ini mengumpulkan informasi dan memprosesnya secara logis langkah demi langkah. Sebaliknya belahan otak kanan nggak memproses informasi langkah demi langkah, otak kanan memproses pola informasi. Otak kanan menjadi tuan rumah bagi emosi-emosi kita. Otak kanan akan mengubungkan fakta-fakta yang ada n akhirnya suatu konsep bau muncul, sedangkan otak kiri seperti kaleidoskop.

 Yeah, itu dari gambar diatas juga bisa dilihat perbedaan otak kiri dan otak kanan... nah sekarang pertanyaannya, apa perbedaan fungsi otak cowok n cewek kalau kayak gitu?.. apa cewek lebih banyak pake otak kanan n cowok lebih banyak pake otak kiri? atau kebalikannya? atau gimana lagi? Yeah, jawabannya adalah dalam otak ada suatu bagian yang menghubungkan belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Penghubung ini adalah kumpulan saraf (nama teknisnya adalah corpus callosum) dan anak cewek punya hubungan saraf ini 40 PERSEN LEBIH BANYAK daripada anak cowok. Nah, artinya cewek bisa pake kedua sisi otaknya dalam watu bersamaan, sementara cowok harus pindah dari sisi satu ke sisi lain tergantung dari informasi yang pengen mereka proses. Cewek bisa menikamti komunikasi silang karena menggunakan otak secara menyeluruh dalam waktu bersamaan.

Jaringan penghubung ekstra ini lah yg bikin otak anak2 cewek yang kecil-kecil itu bisa ngembangin keahlian bahasa lebih awal daripada otak anak cowok. N lebih gampang pula baca ekspresi orang ketika kita bisa menggunakan kedua sisi otak bersamaan.

Otak cewek telah dikembangkan buat menyatakan n mengungkapkan dengan kata-kata. Ini sebabnya kadang cewek itu "cerewet".. hahaha.. (gw juga kali yaa??)  sedangkan otak cowok telah dipacu buat ngembangin kemampuan spatial (berhubungan dengan ruang) jadi cowok selalu ingin "melakukan sesuatu". Jadi cewek itu lebih cepat berbicara tentang perasaannya, sementara cowok ingin bertindak dengan cepat untuk melakukan sesuatu.

Ada suatu penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania kayak gini: cowok n cewek dipasang alat pemindai otak. Alat ini memotret kegiatan otak dan memanifestasikan dalam warna-warna yang berbeda untuk menunjukkan suatu kegiatan dalam korteks (bagian otak) tertentu. Ketika alat udah dipasang, cowok n cewek ini dikasih tugas spatial yaitu menggambarkan kedua obyek bisa dicocokkan satu sama lain. Otak cowok akan lebih terang di bagian belahan kiri sedangkan belahan kanannya redup. Sedangkan otak cewek, warna dan intensitas pada kedua sisi otak sama. Sedangkan dalam uji verbal, otak wanita lebih terang di bagian otak kanan sedangkan cowok sedikit menggunakan otaknya.  Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa otak cewek bekerja lebih banyak bagian daripada otak cowok.

Dengan jaringan 40 persen lebih banyak tersebut ini menyebabkan cewek lebih cepat memahami daripada cowok. Cewek punya kemampuan besar untuk mengenali perasaan dan merasakan perbedaan antara apa yang dikatakan dengan apa yang mereka maksud. Otak cewek seperti komputer yang bisa mengintegrasikan akal sehat dan intuisi.


Ketika Perbedaan itu bertabrakan

Secara umum, klo ada masalah, cewek akan menggunakan kedua sisi otak langsung n menciptakan suatu ikhtisar, dan cowok akan memperinci masalah dalam beberapa bagian untuk mencari pemecahannya. Cowok harus mengikuti langkah 1,2,3,4,5 sedangkan cewek 1,3,2,5,4 untuk mengambil kesimpulan yang sama. Itulah sebabnya kadang kita susah memahami bahasa lawan jenis.

Cowok itu menggunakan otak mereka secara eksklusif (klo lagi bahas topik A, ya akan fokus ke topik A), sedangkan cewek pake otaknya secara inklusif (bisa keluar masuk topik-topik yang berbeda dan tidak ada kebocoran energi). Ibarat jalan, otak cewek itu jalan bebas hambatan dari verbal ke emosional dan sebaliknya, sedangkan otak cowok itu jalan yang sempit jadi susah pindah tempat klo nggak karena didesak sesuatu.

ini adalah jawaban dari pertanyaan "Mengapa cowok susah memahami perasaan seperti halnya cewek memahami perasaan?"..

gw pernah baca kayak gini:
cara cewek dan cowok memecahkan masalah:

CEWEK

Merasakan----------Membicarakan----------Memikirkan

COWOK

Merasakan----------Bertindak----------Memikirkan

Cewek menyelesaikan masalahnya dengan membicarakan sehingga banyak cowok jadi mikir ni cewek adalah penyebab masalah atau si cewek pengen si cowok yang memecahkan masalahnya. Kebanyakan cewek cumen pengen cowok itu mendengarkan.

Cowok kalau pengen menyelesaikan masalahnya dengan bertindak. Misalnya klo cowok lagi kecewa terhadap sesuatu, ia cenderung melakukan sesuatu, bukan seperti cewek yang memicarakannya, dan itu membantunya berpikir secara mendalam.

Oke guys, itu dulu yang bisa gw sampein.. tapi pegang aja pengetahuan ini, dengan lu berlatih berlatih dan berlatih n megang pengetahuan dasar klo otak cewek lebih kompleks, gw yakin ke depannya pasti lu bisa ngembangin kemampuan dwibahasa supaya bisa berbaur dengan lawan jenis...

Good Luck!! ^^



Komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
PIKADITA mengatakan…
ngihihihiii, nice infooo

Postingan Populer