#Airline1 Mengenal Dunia Airline (Introduction)

       Selamat pagi semua.... Ok, post gw sekarang mungkin berseri.... tentang apa? yap tentang airline... gw pengen berbagi ilmu aja karena kebetulan gw kerja di salah satu industri airline. Ok... ngomong-ngomong tentang industri airline, agan-agan (*copy bahasanya kaskus*) tau nggak apa itu airline? buat perkenalan nih, airline itu adalah industri jasa yang berkaitan dengan penerbangan. Mungkin kita pernah mendengar maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pasific, Lion Air, Air Asia, dll... yah, itulah sebagian dari dunia airline.. Dunia airline bukan hanya mencakup maskapai penerbangan, namun juga ground handling di airport, pabrik pembuat pesawat, katering pesawat, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbangan. Okey, mungkin kita bisa bahas satu per satu....

1. Maskapai penerbangan
Sebuah maskapai penerbangan adalah sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Mereka menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa tersebut dan dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk keuntungan bersama. (Wikipedia)
     Maskapai penerbangan inilah komponen utama dari bisnis penerbangan. Airlines juga dapat membentuk kerjasama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk memperbanyak rute atau jalur-jalur penerbangan melalui hub dan spoke. Di dunia ini, ada tiga aliansi maskapai besar yaitu Star Alliance, Sky Team, dan One World. Apabila kita mengenal Singapore Airline, SQ inilah salah satu anggota Star Alliance, sedangkan Malaysia Airlines adalah anggota One World, dan maskapai flag carrier Garuda Indonesia diperkirakan akan bergabung dengan Sky Team pada bulan Maret 2014. 

2. Airport
    Bandara atau bandar udara yang juga populer disebut dengan istilah airport merupakan sebuah fasilitas di mana pesawat terbang seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat. Suatu bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu atau helipad ( untuk pendaratan helikopter), sedangkan untuk bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal dan hanggar.


Menurut Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization) : Bandar udara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan, instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan, keberangkatan dan pergerakan pesawat.
Menurut PT (Persero) Angkasa Pura I adalah lapangan udara, termasuk segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat.
    Sekarang, bandara bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. Dalam perkembangannya, berbagai fasilitas ditambahkan seperti toko-toko, restoran, pusat kebugaran, dan butik-butik merek ternama apalagi di bandara-bandara baru.

3. Aircraft Manufacturer
      Aircraft manufacturer adalah pabrik pembuat pesawat terbang. Apabila kita masuk ke dalam pesawat dan melihat panduan keslamatan penerbangan, mungkin terlihat disitu pesawat Boeing, Airbus.. nah itulah pabrik pembuat pesawat. Terkadang kita juga menemukan nama pabrik pembuat pesawat di  badang pesawat misalnya Boeing 777-300ER, 737-800NG, dll.
    Masing-masing pabrik pesawat mengeluarkan tipe-tipe pesawat yang selalu diperbaharui kualitasnya. Pemesanan pesawat sendiri biasanya memakan 5-10 tahun sebelum akhirnya didelivery ke maskapai. Maka dari itu, biasanya maskapai memiliki masing-masing Fleet Plan atau rencana pembelian pesawat sesuai dengan kebutuhannya dalam jangka panjang. 

4. Inflight Catering Company
     Inflight catering company adalah perusahaan yang bergerak di pembuatan makanan minuman yang disajikan dalam pesawat. Perusahaan ini berbeda dengan perusahaan catering biasa. kenapa? Di pesawat kita nggak bisa masak masakan berat karena di pesawat itu adalah ruang dengan tekanan udara tertentu. Yang dilakukan pramugari atau chef on board di pesawat hanya memanaskan dan plating atau menyajikan.... Memasak tetap dilakukan di darat, maka dari itu inflight catering punya karakteristik makanan yang disajikan harus dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu namun tidak mengurangi rasa dan kandungan gizinya. Its unique.... Beberapa inflight catering company yang dipakai di Indonesia adalah ACS Aerofood dan Purantara. 

5. Ground Handling Company
     “Ground Handling” berasal dari kata “Ground” dan “Handling”. Ground artinya darat atau di darat, yang dalam hal ini di Bandara (Airport). Handling berasal dari kata Hand atau Handle yang artinya tangan atau tangani. To Handle berarti Menangani, Melakukan suatu pekerrjaan tertentu dengan dengan penuh kesadaran. Handling berarti Penanganan atau pelayanan (Service ot To Service, sehingga pada banyak kesempatan, kita sering menjumpai pemakaian kata “Ground Service”. 
    Kita juga sering menemukan kata “Ground Operation”, Baik “Ground Handling”, “Ground Service”, “Ground Operation” maupun “Airport Service”, pada dasarnya mengandung pengertian yang sama, yaitu merujuk kepada “Suatu aktifitas perusahaan penerbangan yang berkaitan dengan penanganan atau pelayanan terhadap para penumpang berikut bagasinya, kargo, pos, peralatan pembantu pergerakan pesawat di darat dan pesawat terbang itu sendiri selama berada di Bandara, untuk keberangkatan (Departure) maupun untuk kedatangan atau ketibaan (Arrival)”. Secara sederhana “Ground Handling” atau “Tata Operasi Darat” adalah pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pesawat di Apron, penanganan penumpang dan bagasinya di terminal dan kargo serta pos di cargo area.
       Setiap maskapai pasti punya kerjasama dengan perusahaan ground handling entah itu dengan Gapura Angkasa, JAS, dan lain-lain yang sesuai dengan karakteristik maskapai. 

Okay... itu sekilas tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia penerbangan... besok2 mungkin gw bs sharing juga tentang hal-hal lainnya yang lebih detail... Klo mau tanya atau ngasih komentar... monggo.... gw terbuka kok buat belajar bareng... :))



Komentar

Postingan Populer