Pengalaman Dunia Kerja (1)

Hello....Lets move on to my new post. For this post, gue pengen nyeritain gimana sih dunia kerja itu. Mungkin untuk beberapa mahasiswa pasti ngebayangin dunia kerja itu full of fun.  Honestly, its not true darling *evil laugh*. Gimana ceritanya? gue ceritain nih biar lu ada gambaran gimana sih kerja itu.

#back to the past

Gue semasa mahasiswa itu agak-agak horor tapi juga takjub kalo denger kakak kelas kerja di uni**ve* lah, n*stl* lah, dll. Gue itanak teknik industri, and mayoritas matkul gue adalah matkul HITUNGAN  dimana terkadang otak gue yang suka mendadak lemot ini tidak dapat sepenuhnya menerima dan memahami berbagai macam rumus yang ada. So, asal IPK gue masuk hitungan, hidup gue aman deh. Nah, waktu denger kakak kelas kerja bagian production lah ato planning produksi lah ato dll, gue membayangkan nantinya kerjaan gue full dengan RUMUS-RUMUS itu.

terus gue mikir....


Mau jadi apa gue kalau hidup penuh RUMUS?????


Berbekal kesan horor yang ada, gue tetap menjalankan perkuliahan dengan penuh doa. Gue tetep berusaha keras memahami pelbagai macam rumus yang naujubileee ampun susahnya. Ngurusin rumus ampe detail bikin kepala botak. So, setelah mencoba memahami pelbagai rumus yang ada, gue menyadari bahwa kalau gue terus fokus ama rumus, hidup gue HAMPA.

Thats why gue mencoba ambil topik skripsi di luar kebiasaaan umat mahasiswa jurusan gue, gue ambil business development, which is ga terlalu penuh rumus dan sesuai dengan otak gue yang abstrak. Tapi tetep aja, ijasah gue adalah sarjana teknik dimana diluar pasti ekspektasinya adalah lulusan yang jago itungan.

Dan ternyata bener dugaan guee....

Gue lihat lowongan-lowongan yang nyediain kerja buat sarjana teknik itu mayoritas bagian PPC (Production Planning and Control), Engineering (*jantung udah mau copot denger kata ini*), dll yang pasti penuh dengan hitungan. Gue mencoba cari lowongan untuk marketing ato management gitu pasti yang gue temuin adalah

DIBUTUHKAN: Lulusan Jurusan Management/ Economy

huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..... otak gueeee.... *nangis india*

And then gue dengerin tuh saran temen-temen "Daftar Bank aja. Banyak banget tau alumni kita yang kerja di bank". Honestly, gue ga terlalu minat kerja di bank.

Akhirnya gue tetap memberanikan diri buat daftar PABRIK. Sekali lagi PABRIK. At least, gue mikir gue harus dapet pengalaman dulu sebelum move on ke next company yang sesuai ama otak gue.
Gue dapet tuh kerja di salah satu pabrik punya Jepang. Gue jadi Product Costing. Tugas gue adalah MENGHITUNG harga product berdasarkan harga produksi dll. Gue juga belajar PPC and Purchasing walaupun gue harus jungkir balik buat ngitung karena ngitungnya MANUAL pake EXCEL.
dan lu tau data material itu banyak bingittt?? mata hampir juling lihat daftar material pabrik. Gue berasa praktikum gue waktu kuliah pindah ke pabrik itu tapi ini dalam tahap yang lebih mengenaskan.

Gue bertahan about 5 bulan disitu. sebelum gue pindah ke company gue yang sekarang Tapi setidaknya gue dapet beberapa pelajaran:

1. Separah apapun jurusan lo, entah lo ngrasa ga cocok lah ato apapun itu,  tetap pelajari dengan sepenuh hati!! Itu adalah pegangan lo pertama kali ketika lo jadi job seeker karena orang nyari berdasarkan lo sarjana apa.

2. Klo lu nih masih SMA and berniat nglanjutin kuliah, pastikan lu memilih jurusan yang bener2 lu suka daripada lu terjebak dalam kandang buaya *hihihi*

3. Klo lu sudah kuliah and ternyata minat lu ga sesuai ama jurusan yang lu ambil. Tetap pelajari dan cari tau minat lu yang sebenernya. Itu sangat berguna untuk jenjang karir lu ke depannya. 

Itu dulu deh yang gue ceritain, nextnya menunggu waktu yang manis buat gue ngepost lagi (baca:nunggu mood yang pas juga)

See youuuuu agaiiin....

Cheers....







Komentar

Postingan Populer