Tips Jalan2 Jepang bersama Orangtua ala backpacker

Hellloowww~

Postingan kali ini aku mau kasih tips buat kalian kawula muda yang rencana ke Jepang ngajak jalan2 orangtua/mertua/dll dengan budget mepet alias jalan backpacker.

Kalau kita informasiin ortu dengan proper sehingga ortu ngga high expectation, pastinya seru parah kok.

Ini dia tips2 dari gw:

  1. Pastiin kamu nginfoin mengenai transportasi

    Jepang terkenal dengan penduduknya yang mandiri plus semuanya tua muda pakai public transportation (Train/bus), ngga kayak di Indonesia yang dikit-dikit gojek, capek dikit grab, taxi, la la la.  Disana memang ada taksi tapi mahal parah, ngga lucu dong sekali jalan bisa ngabisin 200-500 ribu rupiah, kecuali kalau kamu memang ada budgetnya ngga masalah. Kalau aku pribadi sih disuruh naik taksi? No thanks.

    Selain itu karena naik public transport, pastinya jalan ke subwaynya butuh naik turun tangga belum lagi jalan ke tempat wisatanya juga jalan kaki. Jadi kita informasiin supaya ortu pakai sepatu yang super nyaman dan siap-siap capek karena kita akan jalan terus.

  2. Pastiin kamu nginfoin tentang makanan

    Di Jepang susah banget nyari MCD atao KFC atau restoran-restoran yang ada di Indonesia. Kalaupun ada mcd atau apapun itu, mereka biasanya cumen jual burger. Jarang banget ada restoran barat disana. Kebanyakan pasti restoran Jepang. Kalau menurutku yang masih bisa masuk ke perut ya Yoshinoya yang disana tergolong murah banget dibanding lainnya atau beli nasi di familymart/sevel/dan sejenisnya.

    Kalau bisa dari Indonesia bawalah berbagai macam lauk misal rendang, abon, serondeng, sambel, dst karena kemungkinan orang tua jadi susah makan karena ngga sesuai dengan lidahnya, kecuali orang tua kamu suka masakan jepang lain ceritanya..hehehe..

    Intinya satu jangan sampe gegara makanan, akhirnya itinerary kita jadi hancur berantakan karena sibuk nyari ini itu....hahahha

  3. Pastiin kamu nginfoin tentang Obat-obatan

    Guys, pastiin kalau ngajak jalan-jalan ortu infoin juga bawa obat-obatan pribadi karena asli di Jepang susah nyari obat dan ada beberapa jenis obat yang ngga dijual bebas (ngga kayak di Indo banyak yg dijual bebas). Selain itu kalau mau berobat disana biasanya harus punya semacam kartu BPJS nya sana karena kalau pake cash sakit demam aja bisa sampe JPY 10000.

  4. Pastiin kamu nginfoin tentang Pakaian

    Di Negara 4 musim beda banget sama Indonesia yang panas sepanjang tahun (hujan kadang-kadang). Kalau kamu mau ngajak ortu ke Jepang pastiin dulu disana apa musim yang lagi ongoing dan pakaian apa yang dibutuhin. Kalau kemarin aku ke Jepang pas musim gugur jadi aku minta bawa ortu bawa jaket, kupluk, baju thermal, syal, masker, dll karena kemungkinan disana bisa kedinginan.

    Satu hal yang pasti disana ramalan cuaca 99% akurat, jadi kalau mau pergi lihat dulu ramalan cuacanya.

  5. Pastiin kamu tau cara handle orangtua

    Kenapa aku bilang gini? Karena ngga semua orang tua asyik diajak jalan (to be honest 💗). Ada yang dikit-dikit ngambek, ada yang dikit-dikit bilang capek, dst. Satu hal yang perlu diingat, kamu ada di negara orang bukan negara sendiri, jadi kamu harus tau cara handle kalau ortu lagi dalam bad mood nya. Jangan sampai acara jalan-jalan jadi rusak karena harus dengerin omelan, ngadepin bad mood, malah kita jadi emosi nantinya dan pastinya jangan sampe penduduk negara itu jadi korban karena ortu lagi dalam bad conditionnya.

  6. Susun Itinerary yang masuk akal

    Kita sebagai backpacker pengennya semuanya kalau bisa dijelajahi, tapi mengingat kita bawa ortu maka kita juga harus lihat-lihat kemampuan dan tenaga ortu. 2-4 aktivitas/ ngunjungin tempat wisata cukup dalam sehari karena mereka butuh istirahat juga. Jangan maksain kudu gini gitu karena beda bo tenaganya ama kita.

  7. Jangan segan bilang apa yang boleh dan apa yang tidak

    Namanya negara orang punya aturan masing-masing, misalnya di Osaka untuk naik escalator semuanya berjajar di sebelah kanan. Nah itu perlu dikomunikasikan dengan mereka supaya ngerti budaya Jepang. Jadi ngga tiba-tiba nyerobot orang, naik escalator ngga sesuai aturannya, dll.

Nah itu sekilas dari gw, have a fun holiday yaa!!! See u on next post.... ❤❤❤

Komentar

Postingan Populer