2 Negara Asia Menyandang Gelar Paspor Terkuat di Dunia tahun 2018

Traveling merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh generasi milenial. Banyak generasi milenial lebih rela menabung untuk traveling dibandingan menabung untuk membeli rumah. Well thats the fact sehingga paspor menjadi salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh generasi milenial. Akses bebas visa untuk memasuki suatu negara merupakan hal yang banyak didambakan oleh generasi milenial. Hal ini untuk meminimalisir cost yang akan ditimbulkan pada saat bepergian ke negara impian. 

2 Negara Asia saat ini memegang gelar paspor terkuat di dunia dimana paspor kedua negara ini memiliki akses bebas visa paling banyak diantara seluruh paspor di dunia. Singapura dan Jepang merupakan 2 negara Asia yang menyandang gelar passpor terkut di dunia mengalahkan Jerman dengan akses bebas visa ke 189 tujuan negara menurut Henley & Partners Passport Index yang dirilis pada tanggal 10 Juli 2018.

Negara Asia lainnya yang memiliki paspor kuat adalah Korea Selatan dengan akses bebas visa ke 187 tujuan bersama dengan Swedia, Finlandia, Italia, Spanyol, Denmark, dan Perancis menempati peringkat ke-3. Malaysia menyusul menduduki peringkat ke-9 bersamaan dengan Hungaria dan Slovenia dengan akses ke 180 tujuan.

Indonesia sendiri saat ini menempati peringkat ke-69 dengan akses bebas visa ke 72 tujuan bersamaan dengan China. Di lain pihak, 2 negara Asia lainnya yaitu Irak dan Afganistan juga menempati urutan paling terakhir yaitu peringkat ke-102 dengan akses bebas visa ke 30 tujuan saja.

Berikut adalah top 10 list ranking, negara, dan peringkat:

Ranking Passpot Negara Akses
1 Singapura, Jepang 189
2 Jerman 188
3 Swedia, Finlandia, Italia, Spanyol, Denmark, Perancis, Korea Selatan 187
4 Austria, Luxembourg, Belanda, Norwegia, Inggris, USA, Portugal 186
5 Belgia, Irlandia, Swiss, Kanada 185
6 Greece, Australia 183
7 Selandia Baru, Czech Republic, Malta 182
8 Iceland 181
9 Hungaria, Slovenia, Malaysia 180
10 Lithuania, Latvia, Slovakia 179

Semoga saja ke depannya Indonesia juga bisa menambah akses bebas visa ke negara-negara lainnya ya! ☺☺☺

Komentar

Postingan Populer