Pesan Moral Presiden Jokowi ala James Bond dalam Pembukaan Asian Games 2018

Haii.. welcome to Catatan si Jejes...

Sore ini, aku pengen komentar dikit nih tentang video Pak Jokowi di Pembukaan Asian Games yang menurutku keren abis. Emang sih menurut Pak Jokowi sendiri tidak bermaksud apapun dalam pembuatan video ini (Cerita di Balik Aksi Jokowi). Cumen murni konsep kreatif. Tapi bukan Pak Jokowi namanya kalau kita ngga bisa metik pelajaran dari "murni konsep kreatif" beliau tersebut.
"Ah saya bangga banget punya presiden kayak bapak satu ini".

Sebelumnya, yuk kita tonton lagi video super kerennya:

Nah ini adalah pelajaran yang bisa aku petik dari video ini:


  1. Ngga Jaim

    Gila sih, presiden satu ini ngga ada jaim-jaimnya. Mulai dari pinjem moge paspampres. Turun berbaur sama rakyat sampe ada anak kecil gendut kaget gegara lihat presiden di hari-hari biasanya. Beliau juga tipe yang santai, ngga mikirin apa kata orang lain. Pengen A ya nglakuin A. Ngga peduli sama apa kata lawan politiknya tentang dirinya naik moge.

    Wow. Sepertinya si Pakde bilang "Presiden juga manusia", ngga cumen "rocker juga manusia". Kadang kita kalau uda punya jabatan dikit aja uda lupa diri. Langsung jaim atau ngga mau berbaur sama yang di bawahnya. Kata orang-orang sih kalau berbaur sama orang-orang kecil katanya bisa bikin turun drajat. Kritik yang cukup tajam menurutku untuk Pejabat-pejabat negara maupun di kantor. Hahahaha.
  2. Original

    Aku sempet kaget waktu dibilang yang usul ini adalah Pak Jokowi sendiri. Jarang-jarang loh Presiden mau bergaya pake motor moge. Biasanya kan naik mobil bagus, Helikopter, Kuda, dst yang melambangkan para birokrat lah. Ngga kayak rakyat biasa yang suka motor. Eh ini tiba-tiba Presiden loh yang naik motor. Jadi inilah Pak Jokowi diluar status jabatannya sebagai "Presiden". Beliau masih menunjukkan originalitasnya sebagai seorang Joko Widodo bukan seorang Presiden Joko Widodo. Ini patut diapresiasi jempol.
  3. Out of The Box
    Disaat pejabat lain bikin lalu lintas macet gegara mobil jabatannya lewat, ini Pak Jokowi menembus kemacetan lalu lintas dengan "originalistas"nya. Beliau rela ikut bermacet-macet ria dan tetap menembus kemacetan dengan caranya sendiri sampai tujuan akhirnya tercapai. Secara ngga langsung, beliau mau bilang, "Ngga peduli orang mau bilang apa yang penting hasilnya ada", walaupun terkadang itu di luar kebiasaan pejabat dan bener-bener ngga terpikir bahwa seorang presiden bisa melakukan hal itu. 

    Tapi satu hal yang perlu diperhatikan juga, bukan berarti dengan orientasi hasil bikin prosesnya ngga sesuai aturan. Beliau tetep memperlihatkan bahwa beliau bertindak sesuai aturan kok,misalnya taat lampu lalu lintas, dst. Jadi aturan bukanlah penghalang untuk seseorang bisa menjadi kreatif dalam memecahkan masalah.


Itu yang bisa aku petik waktu liat video ini. Kalau kamu ada pelajaran lain yang bisa dipetik dari video Pakde satu ini, boleh sharing-sharing juga.

Terima kasih dan Salam Indonesia Merdeka!!!



Komentar

Postingan Populer