Tips Memilih Kartu Kredit ala Jejes

Hello.. welcome to Catatan Si Jejes ..

Hari ini aku mau ngepost tips-tips milih kartu kredit (credit card/CC) ala aku sebagai orang awam. Kadang kalau kita baca-baca atau browsing-browsing cara milih kartu kredit jadi pusing ya... So, based on pengalamanku yang uda punya kartu kredit dari 6 bank (atau lebih ya? lupa euy) yang berbeda-beda (kurang banyak ya? hahaha) ngga semua akhirnya ku gunain karena ngga fungsi euy... entah kenapa si bank-bank pada royal ngasih kartu kredit ke aku... 

Tapi sebelum aku kasih tau cara milih kartu kredit ketimbang mubazir ngga kepake, satu hal yang harus kalian tahu adalah kartu kredit bukan kartu buat ngutang!!!.. loh? kok bisa? kan emang ngutang????
Nah ini nih banyak orang kejebak pola pikirnya, dikiranya kalau punya kartu kredit jadi bebas, mau beli apapun bebas, jadi ngga ngontrol pemakaiannya. Alhasil BI Checkingnya jadi jelek deh, susah ngajuin KTA cicilan segala macem. Aku menganut aliran/ paham kalau kartu kredit itu cumen salah satu alat pembayaran aja! . Jadi aku pake CC untuk mempermudah aku aja buat bayar macem-macem, misal online shopping, spotify yang emang butuh CC, atau belanja di luar negeri... hahahha.  dan waktu aku pake CC, aku uda itung-itung aku harus bayar berapa ke bank penerbitnya pada waktu jatuh tempo karena aku tipe orang yang suka full payment (bayar penuh) instead of minimum payment (bayar kurang dari total tagihan). Kalaupun terpaksa belanja besar dan lebih dari kemampuan bayarku tiap bulan, aku bela-belain telpon ke call center bank buat ngubah jadi cicilan jadi bunganya lebih kecil dari bunga regular dan tiap bulannya aku jadi tetep full payment.

Selain itu, aku pake CC kadang karena ngejar Bank Reward Pointnya karena lumayan banget kalau dapet bank reward, bisa jadi potongan belanja atau tiket gratis. Gimana? Hehehe

Oke, langsung cek aja tips-tips milih kartu kredit:

  1. Tetapin tujuanmu pake kartu kredit buat apa

    Tujuan kita pake CC bisa macem-macem. Ada orang yang ngejar promo bank karena bank nya ngasih banyak diskon misal buat makan di resto, belanja di merchant, dapet tiket gratis, dst. Ada juga yang milih CC khusus untuk travel karena cumen dipake buat pergi-pergi. Ada temenku yang punya cc karena tujuannya macem-macem, dia pake bank A untuk travel, bank B untuk ngejar diskonan, bank C untuk ngejar point reward, dst karena biasanya masing-masing jenis kartu kredit punya specialitinya, misal nih (sorry sebut merk): kartu kredit bank Mega biasanya ngasih diskon buat pembelanjaan di Carefour, Coffee Bean, dst. Nah buat kamu yang sering belanja disitu, kartu kredit ini cucok meong sama kamuh atau kartu kredit ANZ/DBS (sekarang) yang ngasih buy 1 get 1 nya Starbucks atau kartu kredit Citi Garuda yang tiap pembelanjaan dapet GarudaMiles yang bisa ditukerin jadi tiket penerbangan gratis. 

    Jadi cek dulu kamu butuhnya cc buat apa baru kita lanjut langkah berikutnya


  2. Pilih Bank Penerbit dan Jenis CCnya

    Dari tujuan kamu punya CC, lisk bank mana aja yang punya benefit sesuai yang kamu pengen dan jenis kartu kreditnya, misal:kamu cari kartu kredit travel: ada Citi Premier Miles, Citi Garuda, BNI Garuda, DBS Travel Card, BCA Singapore Airlines, dst. Nah dari bank-bank dan jenis-jenis CC ini, cek benefit-benefitnya dan pilih kira-kira yang sesuai sama kebutuhanmu. 

    Kira-kira ini yang perlu diperhatiin juga:

    • Nama Bank
      Percaya ngga percaya bank itu juga mempengaruhi, kalau buat travel aku lebih milih bank multinasional yang notabene bank asing karena ketika kita pergi ke LN, orang diluar sana ngga perlu mikir ini beneran CC atau ngga karena nama banknya udah well known buat mereka. Kalau kamu suka belanja domestik, pastikan nama banknya well known buat merchant-merchant karena kalau kamu pilih bank antah berantah, bisa-bisa ditolak merchant-merchant yang kamu pengen.

    • Biaya-biaya lainnya
      Selain itu, untuk pakai CC, biasanya ada biaya-biaya lainnya yang akan dibebanin bank ke kamu misal annual fee (premi tahunan), bunga kalau telat, biaya meterai, biaya transfer, dst. Itu juga harus jadi pertimbangan kamu buat milih jenis CC yang kamu pengen. Lihat detail biayanya langsung di website bank nya supaya terpercaya. Jadi jangan anggap aku pake cc 500rb, jadi besok aku cumen bayar 500rb. No No No. Ada biaya lainnya dan itu juga harus kamu pertimbangin. Ada CC bank yang aku tutup karena setelah aku itung-itung biayanya gede juga dibanding CC lainnya. Jadi pastiin selain benefit, kamu juga cek daftar biaya.

      Untuk biaya-biaya ini, biasanya yang digratisin ama bank untuk tahun-tahun pertama itu biaya premi tahunan atau kerap disebut annual fee. Lumayan loh buat berhemat kalau dapat free annual fee ini. Jadi coba-coba cek bank-bank ini lagi ada promo ngga.

    • Keamanan Data dan Keamanan Transaksi
      Yang jadi pertimbangan lainnya adalah keamanan transaksi. Kalau aku lebih prefer bank-bank yang sangat melindungi transaksi nasabahnya, misal: belanja apapun harus masukin kode OTP yang dikirim bank ke hp, bank yang punya aplikasi jadi aku bisa cek transaksi belanjaku real time dan bisa ngontrol kalau ternyata belanjanya uda diluar batas ketetapanku. 
      Ini penting banget karena kalau (amin-amit) sewaktu-waktu tiba-tiba CCmu dicuri atau dipakai orang, orang itu ngga bakal bisa pakai karena kode OTP nya kamu yang pegang dan kamu bisa langsung liat transaksimu real time dari aplikasi punya bank.

      Cara gampangnya buat ngecek ini bank aman atau ngga? Pertama, tanya temenmu yang punya CC bank-bank ini. Kedua, cek Google Play atau iOS, ada aplikasi khusus ngga buat nasabah bank-bank ini dan liat reviewnya. Simple kan?

  3. Lihat Kemampuan Bayarmu

    Setelah ngelist kira-kira jenis cc apa aja yang kamu pengen sama dari bank mana aja, sekarang saatnya liat kemampuan bayarmu karena CC ada tingkatannya juga mulai dari Silver, Gold, Platinum, Titanium, dst. Jangan maksain apply Platinum kalau ternyata gajimu cumen cukup buat Gold. Tapi biasanya jenis-jenis ccnya yang nentuin bank nya sih dari data yang kamu kasih ke bank.

    Dulu pas aku coba apply pertama kali, aku dikasih CC jenis Gold, lama-kelamaan karena bank juga ngelihat aku rajin bayar, entah kenapa bank-bank lain ngasih CC Platinum. Jadi jangan maksain deh pertaama kali harus jenis ini jenis itu karena bank juga lihat historimu juga. Biasanya sih maksimal limit yang dikasih bank di CC mu itu 3x gajimu (biasanya lho ya) tapi kalau pertama kali punya, biasanya dikasih limitnya kecil.

    Anggap aja limit yang dikasih bank itu sebagai batasan buat kamu biar ngga kalap belanja, hihihi. Trust me, kalau kamu uda dapet kepercayaan dari bank, ntar ada aja kok bank yang nawarin jenis lebih tinggi dan limit yang lebih gede. Tapi tetap ingat, CC itu cumen alat pembayaran ya... jadi walaupun limit yang dikasih setinggi langit, kamu tetep harus ngontrol pembelanjaanmu sesuai dengan kemampuan bayarmu.

  4. Saatnya Apply!


    Pertama-tama yang perlu kamu perhatiin adalah, kamu harus apply langsung ke bank nya. Jangan lewat calo, atau sumber-sumber tidak terpercaya. Sekarang banyak bank buka booth-booth di mana-mana, jangan sungkan konsultasi sama banknya karena sales bank biasanya akan menyesuaikan jenis kartu kredit sesuai kebutuhanmu dan bisa ngasih advise kira-kira tipe apa yang akan diberikan ke kamu. Selain itu, pastiin kamu tanda tangan basah di formulir kartu kreditnya.

    Mungkin sedikit tips kalau kamu emang bener-bener concern ke data pribadi kamu. Ada bank yang  pakai pihak ketiga (outsource) untuk pendaftaran cc walaupun atas nama bank itu, tapi bisa aja si sales nakal masih nyimpen data kamu dan ketika dia uda resign dari bank itu, data kamu masih kebawa dia dan dia bisa aja kasih data buat pihak lainnya. Kan nyebelin... Jadi pastiin bener-bener ke salesnya pas kamu apply, kamu bilang ke salesnya kalau dia macem-macem sama data kita, kita akan komplain atau parahnya laporin ke OJK dan minta juga nama salesnya atau poto ID Card salesnya. Itu cukup ngaruh loh!! hahahaha.

    Hal ini diperlukan karena kamu harus mastiin data pribadi kamu aman. Jangan sampai jatuh ke tangan yang salah. Aku pribadi ngga segan-segan komplain ke bank bahkan nutup kartu kreditnya waktu ketauan salesnya yang uda resign ngasih dataku sembarangan ke pihak lainnya.

    Kalau lewat telemarketing gimana? Pertama tanyain dulu dapet data dari mana (kamu kadang jadi tahu sales bank mana yang nakal), dan kalau kamu ngga percaya, ya ngga usah ditanggepin. Tipsnya nih kalau kamu dtitelpon telemarketing dan ternyata kamu ngga teratrik, cukup bilang, "Saya ngga tertarik." Apapun yang ditanya bank bilang "Saya ngga tertarik." terus tutup telepon. Jangan bilang saya harus diskusi sama keluarga, maaf sibuk, nanti kamu tetep bakalan ditelpon lagi. 


Oke itu dulu dari aku, kalau kamu ada tips-tips lainnya boleh loh ditambahin di kolom komentar atau japri ke aku...  Semoga tips-tips ini bermanfaat ya buat kamu ya dan kalau kamu lagi ngajuin CC, semoga diapprove... :)

Byeee ^_^






Komentar

Postingan Populer