Cara Terbang Gretongan (Asli Tips dari Anak Maskapai!)

Hello all,

Hari ini aku pengen bahas cara terbang gretongan. Tips ini bakal banget membantu buat kalian yang suka naik pesawat tapi ngrasa dompet kecekik dengan harga yang melambung tinggi (sowry guys, ini ngga sepenuhnya salah airlinenya lohh) apalagi buat anak rantau yang kalau ditelepon dikit sama ortunya langsung mendadak homesick pengen pulang tapi waktu liat traveloka langsung sakit kepala beneran liat harga yang melambung tinggi.
Image by JESHOOTS-com on Pixabay

Berhubung aku kerja di airline, beberapa temen akhirnya nanya kok harganya mahal sih dan segala macemnya. FYI, bisnis airline itu high risk dan low margin. Cost atau biaya mostly dalam dolar tapi revenue atau duit yang didapet dalam rupiah. Kebayang dong dolar naik udah bikin sini ketar-ketir parah. Belum lagi semua ongkos operasionalnya, safetynya, dan BBM/fuelnya. . Intinya harga dipengaruhi banyak hal, jadi jangan sepenuhnya salahin airline.(kok malah jadi ngejelasin bisnis airline. Maapkeuunnn).

Okay, back to topic...👨👩

Beberapa orang pinter udah tau cara dapetin tiket gretongan dan aku sebagai warga airline (halah) merasa memiliki kewajiban moril untuk ngasih tau trik biar dapet tiket gretong wlopun ngga sepenuhnya gretong sih.... tapi lumayan lah buat hemat budget..

1. Daftar dan aktif di FFP Maskapai

Beberapa maskapai memiliki FFP (Frequent Flyer Program), misal Garuda Indonesia punya GarudaMiles, Air Asia punya Big Points, Singapore Airlines punya  Krisflyer, dst. Jadi program FFP ini mirip point reward beberapa loyalty tapi biasanya namanya bukan point tapi miles. Misal 1000 miles, 2000 miles dst.

Membership GarudaMiles
Kalau pax (penumpang) punya membership FFP ini, maka tiap kali check in atau booking, pax bisa nunjukin membershipnya lalu setelah terbang pointnya nambah deh. Kalau milesnya uda kekumpul banyak bisa deh dipake buat terbang.

Nah, buat kamu yang jarang terbang, ngga masalah juga kok. Biasanya pax juga bisa ngumpulin miles dari tukar poin kartu kredit, poin telekomunikasi, dst. Cek aja di website FFP masing-masing maskapai.
Aku sering kok nukerin dari Fiestapoin Mandiri sama Telkomsel Poin ke GarudaMiles. Lumayan buat nambah-nambah miles.

2. Apply Kartu Kredit/ Kartu Debit Cobranding

Pax juga bisa ngumpulin miles dari kartu kredit atau kartu debit cobranding loh. Kalau punya kartu ini, tiap kali belanja barang apapun, otomatis point rewardnya jadi miles. Jadi selain terbang, poin hasil belanja apapun bisa jadi miles. Selain itu, biasanya ada privilages khusus nih buat yang punya kartu cobrand ini, misal special check in counter, dst.

Nah, berhubung aku juga punya kartu kredit cobrand ini (Garuda Indonesia Citi Card) nih aku kasih link buat apply (lumayan bisa dapet sampe 12500 miles dan diskon redemption miles sampe 50%) pake referalku:

contoh kartu cobrand GA- Citibank

Honestly aku uda pake kartu ini udah agak lama dan so far happy pake ini. Buat maksud promosi ya, cumen citi ini kasih bonus miles yang lumayan dan punya aplikasi online yang gampang banget, jadi bisa tau saldo kapanpun dan punya reminder juga kalau transaksinya diluar kebiasaaan, misal biasanya belanja 5 juta ini belanja 10 juta. Aman deh menurutku. Huehehhehe....


3.  Hunting Promo Diskon Redemption Miles

Nah yang udah ngumpulin miles capek-capek, mulai dari terbang, belanja, nukerin poin, nulis review, dll. Jangan buru-buru ditukerin karena maskapai sering bikin promo diskon redemption miles juga. Jadi nih misalnya jumlah miles yang ditukerin dari Jakarta- Jogja itu sekali jalan 8000 miles, nah dengan adanya diskon redemption (misal 50%) 8000 miles itu jadi pulang pergi. Lumayan kan. Jadi pastiin dulu ada promo atau ngga dari maskapainya. Kalau ada promo kan lumayan.


4. Beli jauh-jauh hari keberangkatan plus rajin cari info tiket murah

Kalau ini sih umum ya, tapi kadang ada maskapai yang kasih gratis loh atau cumen bayar tax aja dan biasanya jumlah seatnya terbatas. Jadi musti kudu sering cek dan biasanya buat bookingnya jauh-jauh hari. Kata orang sih harga "early bird" ya... Lumayan ngaruh loh buat hemat budget.

5. Cari Promo-promo Bank juga

Selain promo yang diadain maskapai, biasanya bank-bank juga bikin promo bareng sama maskapai demi ningkatin salesnya si bank juga. Promonya bisa macem-macem, mulai dari cashback, bonus miles, bonus point, diskon langsung, dst. Jadi kalau kamu nasabah bank tertentu, cek juga bank nya lagi ada promo ngga. Kali aja bank ngasih cashback 100% buat nasabah tertentu, kan lumayan terbang gretongan. 😊
 
Image by JESHOOTS-com on Pixabay
6. Cari Jodoh Orang Airline

Hahaha. ini salah satu tips ngasal tapi bener loh. Karena biasanya orang airline punya semacem diskon karyawan buat terbang dan itu bisa aja berlaku buat keluarganya juga dan ini salah satu benefit yang bikin orang-orang airline mikir banget kalau mau "resign"... bermacam-macam pertanyaan mendadak muncul "Ntar gw jalan-jalan gimana tiketnya?", "Kalau gw mendadak ganti schedule gimana?", "gw belum ke eropa nih", "ntar gw jadi robot dong klo kerja mulu ngga bisa jalan2", dan berbagai pertanyaan lainnya yang akhirnya bikin doi bertahan.. hahaha (maap curcol)😁


7. Punya Sugar Daddy

Ini udah ngaco parah sih..hahahaha... tiket gratis yang disponsori orang. Ini mah siapa aja bisa ya selama doi punya "kenalan tajir" yang mau bayarin tiket kemana-mana..hahahhaa😜


Okay, itu cara buat dapetin tiket-tiket gretongan. Yang penting halal ya ngedapetinnya, jangan ngutang kesana-kemari ya buat tiket apalagi jual diri biar bisa update IG Story. Pamali.. wkwkkw.. Kalau ada tips lainnya yang okeh punya dan emang terbukti, boleh-boleh dishare juga...

See you!!! 😉😉😉




Komentar

Postingan Populer