VAGINISMUS, WANITA JANGAN MALU! (PART 2)

Hello all,

Sore ini aku mau nyeritain kelanjutan ceritaku tentang Vaginismus

Ini ceritaku sebelumnya: Part 1

Jadi ceritanya, setelah konsultasi dengan dokter, pas bulan September aku udah jadwalin akan menjalankan prosedur dilatasi berbantu tanggal 22 September 2018. Nah sebelum menjalani prosedur, aku mencoba untuk refreshing terlebih dahulu ke negeri kanguru sekitar 10 hari dan kebanyakan disana aku cumen bobo-bobo cantik di taman (INI NGGA PENTING BANGET). hahahaha.. Sengaja sih supaya seger dulu kepala jadi waktu prosedur udah ngga terlalu deg-degan.

Okay, back to ceritaku:

Nah, gimana biayanya?
Jadi, jauh-jauh hari sebelum prosedur, aku bener-bener banyak nanya-nanya ke rumah sakit Limijatinya terutama masalah Asuransi. Awalnya aku bermasalah sama asuransi kantorku sampai aku esmosi jiwa. Tapi untungnya asuransi suamiku bisa bantu cover biayanya. Jadi setidaknya satu beban terlewati karena kalau tanpa asuransi kira-kira bisa nelen biaya sekitar IDR 28-30 juta.

Mungkin banyak yang nanya kenapa mahal, mungkin salah satunya karena kita harus nginep minimal kelas 1 (at least 1 orang 1 kamar) karena setelah prosedur, kita akan dibimbing untuk latihan dilatasi mandiri yang mana ngga mungkin dong ada orang lain di dalam satu kamar yang sama.

Lalu apa yang perlu dipersiapkan?
Berdasarkan informasi dari dokter, untuk prosedur sendiri nanti akan dilakukan 3 hari 2 malam. Aku sendiri datang ke Bandung hari Jumat siang dan Minggu balik Jakarta setelah prosedur. Sebelum prosedur, kita akan diminta tes darah dan tes jantung dulu, mungkin biar ngga jantungan pas prosedur kali ya.. hahaha.

Yang perlu dipersiapkan menurutku cumen mental sih ya pastinya sama baju ganti :p . Setelah refresing dari Aussie, aku ngga terlalu kepikiran sih atau mungkin uda terlalu pasrah mau diapain aja boleh. Hahaha. Jadi mau prosedur ya berangkat-berangkat aja tanpa banyak mikir. Kayak mau main ke Bandung aja...

Nah sehari sebelum kita ke Bandung, pihak RS Limijati akan telpon kita dulu untuk make sure kita akan datang dan juga ditanya sampai rumah sakit kira-kira jam berapa.


Hari Pertama (Hari Jumat- 21 September 2018) -Pra Prosedur 


Pas hari Jumatnya datang, aku datang siang hari jam 12 an ke rumah sakit. Disitu aku langsung daftar rawat inap. Abis itu, aku diarahin ke laboratorium untuk tes darah lalu tes jantung. Pas mendaftar rawat inap, aku dikasih tahu kalau prosedur akan dilakukan hari sabtu jam 6 pagi.

Setelah tes darah dan tes jantung, aku nitip koper dulu ke rumah sakit lalu aku dan suami pergi jalan-jalan sama makan-makan dulu di Bandung. Btw, aku nyobain steak gede loh di Bandung di warung Jumbo Eatery deket rumah sakit, disitu kita makan steak 500gr per orang 😋😋😋. Cucokk enakkk... Hedon sebelum prosedur. Abis itu kekenyangan parah sampe jalan aja mager..hahaha

Nah abis makan-makan akhirnya kita balik ke rumah sakit, lalu ambil koper dan masuk kamar. Sebelum masuk kamar, suster ngasih tau hasil tes darah dan tes jantung dan Puji Tuhan semuanya bagus. Jadi ngga ada masalah buat prosedur besok pagi. Sama aku dikasih kertas yang harus aku baca dan tandatangani mengenai masalah prosedur keesokan harinya. Isinya? Rahasia!! hahahhaa....

Dari akunya sendiri deg-degan juga malam sebelum prosedur, maklum, sebelumnya belum pernah masuk rumah sakit alias diopname. Tapi untungnya malam ini belum pake acara diinfus, jadi aku nginep di kamar memang disuruh istrirahat full dan puasa sebelum prosedur keesokan harinya. Suster-susternya rajin banget ngingetin puasa sama aku uda harus siap prosedur jam 5 pagi.

Kamarnya enak,nyaman, tapi aku ngga bisa tidur malam itu. Bayangin besok jadi kayak apa aku, entah ngga tau. Bisa jadi ikan pepes atau ikan teri.. entahlah. Sama banyak-banyak berdoa, kali aja aku dipanggil Yang Maha Kuasa waktu prosedur mana tahu... hahaha.. udah parno duluan aja pokoknya.

Yang sebelumnya aku bodo amat mau diapain aja pasrah, tapi malam itu, aku bener-bener kepikiran. Suamiku uda tidur pules banget kayak bayi gede di sofa empuk di sebelah kasurku. Bete....
Hari 1. Masuk Kamar -Puasa

Hari Kedua (Hari Sabtu- 22 September 2018) 

Pagi-pagi benar, aku uda bangun sekitar jam 4. Serius ngga bisa tidur aku. Aku langsung bangun dan mandi! Gila, aku sempetin mandi loh pagi-pagi. Buset.
Jam setengah 5an, suster-suster uda mulai datang ke ruanganku dan minta aku siap-siap. Akhirnya pas jam 5, aku dipindahin ke ruang persiapan operasi.

Disitu aku dipasang alat infus sambil dicek kondisiku secara keseluruhan. Setelah itu aku dipindahin ke ruang operasi. Serius, jantung mau copot. Aku ditempatin di bawah lampu operasi yang putih bunder besar sama ada 2 dokter disitu. Dokter Robbi yang akan melakukan prosedur sama dokter anestesi. Dokter Anestesinya nanya-nanya gimana semalam, aku bilang ngga bisa tidur. Terus aku disuntik obat bius total lewat infus di tanganku yang dipasang sebelumnya. Akhirnya aku melayang ke alam mimpi......

Selama aku dibius (akunya ngga sadar), suamiku wajib melihat prosedurnya. Jadi suamiku ngelihat gimana prosedur dilatasi berbantu dilakukan sampai doski juga ngelihat suntikan demi suntikan untuk melemaskan ototku mungkin ya. hahaha. Katanya dia sempet mual ngelihatnya. Hahaha. Gimana? mau tukeran tempat mas? Hahaha

masih under obat bius

Abis prosedur, tau-tau aku kebangun uda di dalam kamarku sendiri dan uda ngrasa dalam miss v ku kayak uda keganjel dengan dilator terbesar. Aku masih setengah melayang pas suster-suster dateng pasca prosedur.

Akhirnya beberapa saat sampe kesadaranku pulih kembali, dokter Robbi dan suster ngedatengin aku lalu mulai ngliatin aku kalau dilator terbesar uda masuk di miss V. Gilakkkk! It is impossible!!! Dan ini real? Am I dreaming? NOPPEE... Aku ngelihat ngga percaya dan wow. Ini beneran. Aku ngga mimpi.

Sebelumnya aku mikir aku bakal untouchable tapi sekarang ini beneran loh ada yang bisa masuk. Akhirnya dokter ngenalin aku sama alat dilator dan ngajarin aku latihan dilatasi sendiri. Awalnya masih berasa sakit karena bekas suntikan, tapi aku tetep kekeuh untuk latihan sendiri. Akhinya mulai bisa mulai dari size paling kecil sampai agak besar.

Sepanjang hari aku diberi kebebasan untuk latihan dilatasi mandiri. Aku mulai dikit-dikit. Walaupun honestly masih ada rasa takut, tapi aku beranikan supaya segera sembuh.


Hari Ketiga (Hari Minggu- 23 September 2018) 

Hari terakhir, hari ketiga, pagi hari, dokter Robbi datang ke ruanganku dan beliau lihat gimana kelajutan latihanku. Beliau berpesan setiap hari harus latihan dilatasi mandiri. Selain itu, beliau juga top banget dalam relasi hubungan suami istri. Kami berkonsultasi juga mengenai relationship. Apa yang pasangan suka dan tidak suka dan hal-hal lainnya. Intinya keterbukaan dalam pasangan itu kunci supaya Vaginismus juga bisa sembuh total. Jangan sampai ada rasa takut tertekan atau lain sebagainya.

Setelah konsultasi, kamipun segera menyelesaikan proses administrasi dan bersiap untuk pulang Jakarta. Setelah selesai, maka kami segera kembali ke Jakarta.
Tampang Happy After Procedure

Nah Gimana Setelah Prosedur Dilatasi Berbantu? Ada progresskah?


Setelah proses dilatasi, aku berusaha untuk latihan sesuai petunjuk tiap hari. Tapi aku masih belum berani pake yang paling besar. Masih bounce back gitu pas nyobain. Jadi aku mulai dari size kecil sampai lancar baru naik tingkat. Tapi sayangnya after procedure, aku bener-bener hectic nyiapin event di kantor, jadinya hampir seminggu ngga latihan sama sekali.

Akhirnya baru kemarin tanggal 8 Oktober, akhirnya aku berhasil masukin dilator paling besar yang dikasih dokter ke aku. Awalnya aku mikir ngga bisa, tapi aku nyobain untuk relax serelax mungkin akhirnya bisa masuk juga. Seneng luar biasa aku akhirnya bisa.

Pas tanggal 9 Oktober, akhirnya aku dan suami nyobain dan akhirnya kita berhasil. Hal yang selama ini ngga mungkin tapi jadi kenyataan. Dream comes true!!!

Aku langsung kasih tau dokter kabarnya dan dokter tetap ngingetin untuk latian dilatasi terus dan juga kontrol sebulan pasca prosedur untuk dilakukan simulasi pemeriksaan dalam memakai alat-alat medis.

Special thanks for My Lord, dokter Robbi, pihak RSIA Limijati, dan rekan-rekan semuanya yang banyak support dan doa atas semuanya.

Love love love 💚💚💚💚


Btw, aku juga uda publish artikelku di media IDN Times dimana artikel ini juga uda melalui tahap review dari dokter Robbi. Ini dia:

Sudah Menikah Tapi Tetap Perawan? Mungkin Kamu Mengalami Vaginismus!


Komentar

Postingan Populer