Pengalaman Operasi Caesar dan Miomektomi

Hai semuanya...

Akhirnya punya waktu lagi buat nulis pengalaman di sela-sela kesibukan ngurus baby. Hehehe.. Iya, Baby D uda keluar. Yeayyyy 😀😀😀. Please jangan mom-shaming ya karena aku masih bisa nulis blogku. Baby D ini uda mulai dibawa ke gereja ama keluarga, sedangkan aku masih nifas jadi bernafas dulu di rumah. Ntar dikira aku ngga becus lagi jadi emak. Hehe.

Okay, jadi aku memutuskan operasi caesar karena dokter yang nyuruh. Bayiku posisinya sungsang, ada kalung usus (terlilit tali pusat) plus ada miomnya. Jadi akan ada 2 prosedur yang dilakukan bersamaan yaitu operasi caesar sendiri untuk angkat bayinya dan miomektomi untuk ambil miomnya.

Karena ini adalah proses persalinan pertama kali, jadi aku deg-degan setengah mati. Jauh-jauh hari masih santai-santai. Mendekati hari H, makin deh jantung kerjanya makin keras. Aku dan keluarga memutuskan untuk melahirkan di RS SMC Telogorejo Semarang dan dokter yang menolong itu dr Sahat. Kenapa Telogorejo dan dr Sahat bisa dibaca di postinganku sebelumnya (Trisemester Ketiga - Baby D).

Ngomong-ngomong masalah rumah sakit, aku dan suami ingin privacy dengan si bayi, jadi kami berdua sepakat untuk ambil kamar Deluxe B di RS Telogorejo. Awalnya jatah asuransi itu kelas I, tapi berhubung kelas I ada 2 orang dalam 1 kamar, suami akhirnya minta upgrade 2 tingkat di atas Kelas I supaya ada privacy dan bisa tiduran juga dalam kamar, soalnya di kelas deluxe penunggunya ada sofabed yang bisa jadi tempat tidur juga.  Detailnya fasilitas kelas deluxe bisa dibaca dilink ini: Deluxe B- RS SMC Telogorejo

Wefie dulu sebelum dibelek

Kami memutuskan untuk operasi akan dilakukan pada tanggal 7 Juli dan sudah sepakat dengan dr Sahat. Maka dari itu, mulai tanggal 6 Juli sore yang kebetulan waktu itu hari Sabtu sore, aku mulai masuk RS. Aku dateng ke pendaftaran rawat inap dan setelah itu aku diambil darah dan urin untuk tes laborat sebelum operasi. Yang pertama bikin aku suka ama pelayanan disini itu perawatnya oke-oke punya, biasanya yang lain susah buat nujes-nujes (suntik), selama aku dirawat disini proses nujes-menujes kayaknya gampang banget langsung ketemu aja pembuluh darahnya dan ngga terlalu sakit.

Setelah tes laborat, aku dianter pake kursi roda ke kamar perawatan. Huehehehe jarang-jarang bo make kursi roda. Sampai di kamar mulai deh bongkar-bongkar koper dan setelah itu ada bidan datang untuk jelasin kalau operasi akan dilakukan jam 10 pagi hari karena dokternya bisanya jam segituan dan aku harus puasa mulai dari jam 4 pagi. Selain itu aku juga dites alergi. Aku disuntik dan panas banget. Aku uda pasrah banget mau diapain aja oke.

Mulai deh malam itu aku ngga bisa bobo, malah sempet-sempetnya diare saking nervousnya.Aku coba baca-baca informasi dan pengalaman orang-orang mengenai operasi caesar dan itu cukup membantuku untuk menenangkan diri dan bisa tidur sebentar sebelum operasi.


Pagi-pagi jam setengah 9, aku mulai dijemput perawat untuk dipersiapkan ke kamar bedah dan disuruh ganti baju operasi. Dalam kamar bedah, aku ditemenin suster sambil nyiapin alat-alat segala macem. Lalu mulai masuk dokter anestesi dan dokternya mulai masang infus di tanganku sambil katanya nunggu dr Sahat selesai operasi pasien sebelum aku. Setelah dr Sahat dateng, mulai deh aku dibilangin kalau mau bius lokal dan akan disuntik di belakang punggung. Kata orang-orang suntik di bagian ini sakit banget tapi di aku ngga kerasa sama sekali euy... horayyy... tau-tau uda dibius dan udah ngga kerasa tubuh bagian bawah. Dokter anestesinya kece bangettt... jadi si dokter mulai bius dan nyuntik aku sambil nggosipin suster yg perawatannya mahal, mungkin karena itu perhatianku jadi teralihkan yaa...

Akhinya mulai deh proses operasi. Setauku ada 3 dokter yang nanganin yaitu dokter kandungan, dokter anak, sama dokter anestesi. Ngga kerasa sama sekali euy cumen kayak perutku dipencet-pencet aja. Selama proses pengambilan bayi, aku diajak ngobrol dokter anestesinya bahkan dokternya nawarin buat ambil dokumentasi dan aku mengiyakan. Asyikk yaa... 
si Dedek dideketin dulu ke aku sebelum dipindah ke ruang bayi

Eh tiba-tiba uda kedengeran aja suara tangisan bayi kenceng banget. Eh uda keluar si anak kicik... Setelah itu proses ambil miomnya dan aku diperbolehkan tidur. Ngga lama tau-tau uda kelar aja operasinya. Di badanku sekarang kepasang infus dan kateter pipis. Setelah itu badanku mulai kerasa dingin banget sampai menggigil, aku segera dipindah ke ruang pemulihan sambil dikasih heater dalam selimutku dan aku tidur agak lama. Setelah berkurang menggigilnya, aku kembali digledek ke kamar perawatan.

Puji Tuhan, Baby D sudah keluar dengan berat 2,950 kg dan panjang 46 cm. Untuk miom sendiri yang diambil ada 1 tapi seperti 2 bola yang nempel, yang satu ukuran 8 cm yang satunya lagi 4 cm. Sebenernya ada 2 lagi ukuran 1 cm dan 1.5 cm di dalem, cumen dokter ngga ambil dengan alasan bisa pendarahan lebih lama dan ukuran segitu bisa luluh sendiri bersamaan dengan darah nifas.

Setelah itu aku mulai rajin dikasih antibiotik, pereda nyeri, dan pelancar asi karena aku harus mulai belajar buat nyusuin. Dalam masa pemulihan pasca operasi, aku diminta mulai belajar miring kiri kanan dan ituu nyeri parah... hehehe. Jadi suster-suster pada bantuin aku buat belajar miring-miring sekaligus mulai nyusuin bayi. Sakit sih tapi kalau ngga dipaksa, pemulihannya bakal lama banget.

Hari-hari berikutnya aku mulai belajar duduk. Setelah bisa duduk, infus dan kateterku dilepas. Setelah itu aku diminta untuk belajar untuk jalan sendiri ke kamar mandi buat buang air kecil. Katanya sih supaya tubuhku ngga lupa caranya pipis karena biasa pake kateter.. hehehe

Setelah bisa duduk, jalan, bab, bak, akhirnya aku diijinkan untuk pulang dan seminggu kemudian harus kontrol dokter untuk melihat luka jahitan sudah kering atau belum. Luka jahitanku sudah ditutup pakai plester anti air supaya aku bisa mandi. Sebelum pulang, dokter berpesan supaya banyak makan protein supaya luka operasi cepat kering. Aku coba makan ikan kutuk, putih telor, dan segala macam protein supaya luka cepat kering. Selain itu kalau mau duduk atau jalan atau ganti posisi jangan buru-buru karena masih nyeri parah.

Sampai di rumah, aku belum berani beraktivitas banyak, mau berbaring pelan-pelan, mau duduk pelan-pelan karena masih nyeri parah. Aku tetep minum obat dari rumah sakit sampai habis. Semakin hari badanku semakin enakan, nyeri dikit-dikit berkurang walaupun ya terkadang masih nyessss...

Seminggu kemudian aku dan suami kontrol luka ke dokter. Dokter sendiri menyatakan luka sudah kering dan disitu benang jahitanku dilepas. Rasanya kulitku kayak kain yang dicopot benangnya. Hehehe.. Setelah itu aku cumen dikasih salep yang dioleskan sehabis mandi dan tidak perlu kontrol lagi. Puji Tuhan.

Sampai sekarang pun, aku masih dalam proses pemulihan. Kata orang-orang sih pemulihan sampai bener-bener kembali seperti semula butuh waktu yang lama. Selama masa pemulihan aku pakai korset supaya kenceng dan bekas luka ngga kenapa-kenapa. Aku juga tetep rajin makan protein supaya cepat pulih sekaligus bisa jadi nutrisi anakku lewat asi.

Okay, itu sih sedikit pengalamanku dalam menjalani operasi caesar. Yang penting sih jangan takut pasrah aja dan banyak-banyak cari informasi mengenai operai caesar. Itu cukup membantu untuk menenangkan diri sebelum operasi berjalan.



Komentar

Intan mengatakan…
Boleh sharing ga??
Dr amnestesinya siapa ya? 😊
Kebetulan saya rencana melahirkan di RS SMC Tlogorejo..

Postingan Populer