Trisemester Ketiga - Baby D


Halo semuanya,

Kali ini aku akan berbagi pengalaman selama trisemester ketiga kehamilan baby D. Menjelang trisemester ketiga, jujur aku mulai deg-degan parah ya. Maklum sis, anak pertama, gimana ngga deg-degan menjelang proses persalinan. Mulai galau deh calon emak ini bisa lahiran normal atau harus operasi. Kalau lahiran normal, bayangin "ngedennya" ngeri-ngeri sedap, kalau lahiran operasi, bayangin "sakitnya abis operasi" bikin galau setengah mati. Tapi semuanya harus tetep dilalui kan, ngga mungkin si dedek di dalem perut terus...👀

Image by <a href="https://pixabay.com/users/DanEvans-393423/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=422982">Dan Evans</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=422982">Pixabay</a>

Aku dan suami memutuskan untuk proses kelahiran baby D akan dilakukan di Semarang. Hal ini karena hampir semua keluarga ada di Semarang, jadi kalau ada apa-apa gampang. 

Abis lebaran, aku mulai stay di Semarang dan uda ambil cuti melahirkan. Itu pas usia kandungan uda 8 bulan. Banyak sih yang nanyain kenapa 8 bulan udah cuti aja. Oiii, aku ada miom juga dan perutku uda kayak semangka raksasa, ngga kasian apa klo 9 bulan mau cenger kudu nempuh perjalanan Jakarta- Semarang. wkkwkw 😂. Orang 8 bulan aja mau naik kereta uda kena karantina duluan ama petugas stasiun, diperiksa tekanan darah segala macem padahal uda bawa surat pengantar dr RS. Hehehe.

Setelah nyaman dengan dokter Yuma di Jakarta, mulai deh galau cari dokter kandungan yang akan bantu lahiran di Semarang. 

Pertama-tama, aku dan keluarga memutuskan untuk proses kelahiran di RS SMC Telogorejo Semarang. Kenapa? Ya karena aku uda percaya aja ama ini rumah sakit. Rumah sakitnya ada Transmartnya (ini mau lahiran apa shopping? wkkwkw). Ngga sih, karena rumah sakitnya besar dan senyap. Jujur, aku ngga terlalu suka kondisi rumah sakit ramai kayak pasar. Selain itu, rumah sakit ini uda berdiri lama bingit di Semarang, jadi aku yakin peralatan dan dokternya udah oke punya. Selain itu parkirnya gampang, ada gedung parkir sendiri.

Nah tinggal cari dokternya. Mulai googling sana sini. Awalnya nyokap nyaranin ke dr Harry karena beliau temen nyokap waktu sekolah, tapi sayangnya dr Harry staynya di RS Hermina. Di Telogorejo, beliau cumen seminggu sekali. Akhirnya aku minta ganti dokter aja yang memang stay di Telogorejo jadi kalau ada apa-apa gampang. Aku coba browsing sana-sini dan akhirnya aku nemu dokter kandungan namanya dr Sahat.

Mulai deh aku coba kontrol ke dr Sahat. Suprisingly, ternyata dokternya oke banget dan alus banget. Aku sebagai wanita jadi kalah lembut.. hehehe.. Aku lihat caranya nerangin detail jadi yakin akan lahiran dibantu dr Sahat aja. Ngga pake acara nyari-nyari dokter lain. dr Sahat bilang karena aku ada miom, posisi bayi sungsang, plus kalung usus, makanya harus dioperasi. Jadi akan ada 2 prosedur yang dilakukan bersamaan yaitu operasi caesar sendiri buat ambil dedek sekaligus myomektomi alias ambil miomnya.

Okay fix, perutku akan dibelek.😖

Untuk kondisi badan sendiri sih ngga beda jauh dengan trisemester kedua kecuali mual muntah. Di trisemester ketiga ini aku jadi keboooo. Makan buanyak banget. Walaupun udah tau bakal dibelek, aku tetep positif thinking dan berusaha mempersiapkan mental buat pasrah. Hehehe.

Next story aku akan cerita pengalaman operasi Caesar sekaligus Myomektomi

Komentar

nadia nastiti mengatakan…
mbak boleh infoin untuk biaya persalinan operasi nya ga di smc tlogorejo?? makasih sebelumnya

Postingan Populer