Trisemester Kedua - Baby D


Ao semuanya,

Berlanjut kali ini aku akan membagikan pengalaman trisemester kedua Baby D. Di trisemester kedua ini, baby bump ku uda kelihatan jelas. Baru 4 bulan tapi uda banyak orang bilang kayak 5-6 bulan. Hehehe. Mungkin karena myoma jadi tetangganya si dedek banyak.
Antara Bulan ke-5 dan ke-6. Udah ngga bisa liat kaki. Hehe

Okay. Selama trisemester kedua ini apa aja sih yang dirasain dan dilakuin?

  1. Masih Mual dan Muntah
    Iya bener. Banyak orang ngira klo trisemester kedua itu eranya Babymoon. ITS NOT FOR ME. Aku masih aja mual muntah parah sampe bulan kelima. Abis itu mulai berkurang sih dikit demi dikit walaupun masih tergantung jenis makanannya.
  2.  Mulai keliatan banget Linea Nigra di Perut
    Iya, keliatan banget kayak garis vertikal di perut. Tambah lama tambah item.
  3. Dedek mulai aktif bergerak dan udah kerasa pergerakannya
    Ini salah satu yang bikin "fun", "happy", selain rasa sakitnya karena dedek udah mulai gerak dan ibunya udah bisa ngrasain. Pas di USG pun uda keliatan jelas gerak-geriknya, mulai dari nendang, olahraga, joget, megang-megang kepala, nyanyi, makan, dst. Lucu-lucu liat tingkahnya si dedek, dokternya aja ampe ketawa-ketawa.

    Aku juga mulai tau jadwal-jadwalnya si dedek, jam segini bobok, jam segini bangun dan seringnya dia bangun tengah malam. Pas lagi enak-enak tidur, eh tiba-tiba "Duook" dia nendang kenceng, kebangun jadinya aku. Jadi mulai deh jadwal tidur calon emak2 ini agak sedikit kacau. Kata orang-orang latian pas nanti dedek udah keluar, biasanya bayi emang kalau melek malem..wkwkwk... Enyak Babenya bergadang booo....

  4.  "Pregnancy Brain"
    Ada yang bilang bumil itu otaknya kadang konslet dan itu sepenuhnya benar sodara-sodara. Hahaha. Contohnya: Kalau diajak ngobrol satu topik kadang kudu mikir keras "apa ini?", lupa nama direktur tempat aku kerja. Serius, nama direktur aja bisa lupa loh ampe temen-temen kantor kaget. Hehe.
  5. Ngga bisa tidur telentang, harus miring kiri
    Ini salah satu tantangan karena aku sekarang cumen bisa tidur miring kiri, jadi bagian sebelah kanan aku ganjel guling/bantal besar biar ngga sakit karena kadang tanpa sadar aku telentang atau miring kanan dan jatuhnya perutku kerasa sakit semua. Kebangun lagi dari tidur. Bener-bener "fun". Hehe

    Buat bangun tidur atau bangkit dari tempat duduk pun penuh perjuangan, harus ada yang dijadiin tumpuan.Hehehe. Selain itu nih buat tidur, bantal kepala musti lebih tinggi juga karena klo ngga jadi sesek napas (Padahal ini baru trisemester kedua). Hehehe

    Image by BRUNA BRUNA from Pixabay
  6. Gampang Capek
    Salah satu tantangan adalah gampang capek, cepet ngantuk, dst. Naik tangga 1 lantai aja uda ngos-ngosan luar biasa. Di rumah yang 2 lantai disini, naik tangga itu hal yang sebisa mungkin aku minimalisir. Kalau udah dibawah ya stay dibawah. Kalau di atas ya semua barang aku bawa ke atas.

    Kalau pas di atas, tapi barangnya di bawahnya, palingan aku minta tolong pak suami siaga buat ambilin. Selain itu cepet ngantuk juga, makanya di kantor sebisa mungkin ada temen buat ngobrol. Kalau ngga uda molor mendadak tuh. Hehehe.

  7. Mulai Makan apa aja dan Cepet Laper
    Selepas 5 bulan penuh penderitaan dan jadi teman ikrib toilet, bulan ke-6 aku udah mulai makan banyak. Semuanya pengen dimakan dan doyan apa aja. Bobot udah nambah aja. Akupun mulai rajin minum kelapa, kacang ijo biar dedeknya sehat. Tapi anehnya nih buat makanan aku keranjingan makanan yang bener-bener aku tolak pas trisemester pertama. Di trisemester kedua ini, aku keranjingan makan ikan. Bandeng kek, salmon kek, dori kek, nila kek, semuanya aku lahap sampe-sampe orang tua mesti setor 2 box besar bandeng presto dikirim dari Semarang ke Jakarta. Suamipun sampe ngeluh bosen makan ikan terus.
    Maapkan aku ya Pak Suami.... 👀👀👀
  8. Mulai sering dengerin Musik Klasik buat si Dedek
    Ngga rajin sih dengerin khusus musik klasik, maklum emaknya sukanya Maroon 5. Hahaha. Jadi aku mulai start dengerin berbagai jenis musik. Tapi khusus musik klasik seringnya  aku tempelin headphone langsung di perut (emaknya kalau ikut dengerin bisa ikutan bobok nanti). Kalau musik-musik lain kayak musik gereja atau musik pop tetep aku dengerin berdua pake headphone di telingaku.

    Sekali lagi yang ditempelin di perut cumen headphone loh ya bukan handphone. wkwkwkkw... Untung headphone Sennheiser favoritku bisa aku lebarin sampe perut dan aku juga make sure suaranya ngga kenceng. Nanti si dedek kaget lagi di dalem. Hehehe.

  9. Mulai Suka Ngomong Sendiri & Ngelus-elus perut
    Ini bukan ngomong kayak orang gila loh ya. Tapi ngajak ngobrol dedek di dalem. Suamiku malah sukanya dongengin cerita-cerita aneh ke si dedek. Hehehe. Yang penting diajak ngomong ya ngga?

    Kata temen kantor, kalau sering ngajak ngomong si dedek sejak dalem perut, motoriknya bakal cepet berkembang. Jadi aku sering ajak ngomong dedek.
  10. Jadi "Galak"
    Seumur-umur aku bukan orang yang galak, yang nyemprot siapapun kalau salah. Tapi entah sejak hamil ini, siapapun bisa aku semprot kalau resek sama aku apalagi baby aku. Pernah nih ceritanya anak2 kampung main bola depan kompleks rumah, nah bolanya kena di perut aku dong. Langsung aku semprot tuh anak satu2. Bodo amat mau dilaporin ke orang tuanya. Mungkin itu kali ya naluri perlindungan ibu. Hehehe.

  11. Dan aku akhirnya tau My Baby is a Girl!!
    Hehehhe. My baby girl. I love you. Daddy loves you. Mommy loves you.

     


Kalau nanti ada tambahan atau update aku akan tambahin di page ini. Sekarang sih menginjak bulan ke-6. Mohon doanya semua supaya lancar sampai lahiran bahkan sampe si dedek tumbuh dewasa.

Kalau ada saran-saran tentang kehamilan, boleh ya infoin aku juga. Terima kasih banyak :)



Semua anakmu akan menjadi murid TUHAN, dan besarlah kesejahteraan mereka; – Yesaya 54:13

Next Post: Trisemester Ketiga - Baby D 

Komentar

Postingan Populer